get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Tambrauw Bantah Tudingan Miring Komisioner Bawaslu PBD, Siap Hadiri Pleno KPU Provinsi

Raja Ampat Masuk dalam Potensi Rawan Pemilu, Wakapolda Papua Barat Minta Polisi Selalu Siap

Kamis, 08 Februari 2024 | 21:34 WIB
header img
Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare melakukan pengecekan personil Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 14 Februari 2024 di Kabupaten Raja Ampat. (FOTO: iNewsSorongRaya.id- HO : HUMAS POLRES RAJA AMPAT

 

WAISAI,iNewsSorongRaya.id - Wakapolda Papua Barat Brigjen Polisi Alfred Papare melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Raja Ampat, guna melihat langsung kesiapan jajarannya di wilayah hukum Polres Raja Ampat dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Kunjungan Jenderal Bintang Satu ke Raja Ampat ini berlangsung selama dua hari pada 6 Februari hingga 7 Februari 2024, dalam rangka memastikan kesiapan pelaksanan dan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Raja Ampat. 


Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare pimpin apel pengecekan personil Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 14 Februari 2024 di Kabupaten Raja Ampat. (FOTO: iNewsSorongRaya.id- HO : HUMAS POLRES RAJA AMPAT

 

Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K juga melaksanakan kunjungan ke wilayah hukum Polres Raja Ampat, dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan dan pengamanan jelang pencoblosan.

Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K langsung melakukan pengecekan ke Kantor KPU guna memastikan kondisi surat suara aman, pengecekan anggota pengamanan, pengecekan gedung dan ruangan penyimpanan surat suara.

Usai melakukan pengecekan di Kantor KPU Raja Ampat, Wakapolda langsung menuju Kantor Bawaslu Raja Ampat guna pengecekan kesiapan petugas Bawaslu dan anggota Gakumdu dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilu agar benar-benar dilaksanakan sesuai prosedur.

Wakapolda Papare selanjutnya melakukan pengecekan kesiapan anggota Polres Raja Ampat yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Raja Ampat, Rabu (7/2/2024). Pengecekan ini dilaksanakan guna memastikan jalannya pesta demokrasi berjalan lancar dan berlangsung kondusif.

"Polri komitmen soal kesiapan pengamanan TPS, siap logistik, keamanan logistik, siap netral dari awal hingga selesai kegiatan pemungutan suara, perhitungan dan penetapan," tegas Wakapolda di Waisai, Rabu (7/2/2024).


Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare melakukan pengecekan personil Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 14 Februari 2024 di Kabupaten Raja Ampat. (FOTO: iNewsSorongRaya.id- HO : HUMAS POLRES RAJA AMPAT)

 

 

Wakapolda berharap, agar Polres Raja Ampat membuat langkah-langkah pencegahan untuk menetralisir pelanggaran-pelanggaran terhadap anggota. 

Selain itu, Papare juga menyampaikan bahwa Papua Barat masuk dalam potensi gangguan kamtibmas prioritas satu.

"Papua Barat khususnya Raja Ampat sendiri masuk dalam potensi gangguan Kamtibmas prioritas satu, dalam hal pelanggaran yang dalam TPS ada yang rawan dan ada yang kurang rawan," ungkap Wakapolda.


Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare melakukan pengecekan pengamanan pada gudang KPU jelang Pemilu 14 Februari 2024 di Kabupaten Raja Ampat. (FOTO: iNewsSorongRaya.id- HO : HUMAS POLRES RAJA AMPAT

 

 

Menurutnya, Polres Raja Ampat merupakan Polres terbanyak dalam pendistribusian logistik pemilu melalui sarana laut atau perairan dari 13 Polres yang ada di wilayah Polda Papua Barat. 

Oleh sebab itu, lanjut Wakapolda Papare, anggota Polres Raja Ampat harus selalu siap.


Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare mengecek logistik pemilu jelang pelaksanaan pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang. ( FOTO: iNewsSorongRaya.id-HO HUMAS POLRES RAJA AMPAT)

 

 

"Anggota diharuskan membuat dokumentasi supaya masyarakat juga tahu tentang pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap anggota Kepolisian kembali. Kapolres juga harus memaksimalkan pengawasan terhadap anggota," pungkas Wakapolda Papua Barat.

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut