get app
inews
Aa Read Next : Mendagri Tunjuk Cliff Agus Japsenang Sebagai Penjabat Bupati Sorong

Ridwan Rumasukun Ditunjuk Mendagri Jabat Plh Gubernur Papua, Pasca Lukas Enembe Ditangkap KPK

Kamis, 12 Januari 2023 | 13:55 WIB
header img
Ridwan Rumasukun ditunjuk Mendagri sebagai Plh Gubernur Papua menggantikan sementara Lukas Enembe yang tengah menjalani proses hukum di KPK (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNewsSorong.id – Untuk mengisi kekosongan pimpinan Pemerintahan paska ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Selasa (10/1/2023) lalu. Departemen Dalam Negeri langsung menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Ridwan Rumasukun ditunjuk menjabat Plh Gubernur Papua. Hal ini berdasarkan surat Nomor 100.3.2.6/184/SJ yang diteken Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pada Rabu (11/1/2023). 

Seperti dikutip dari iNews.id (network news iNewsSorong.id), Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan mengatakan langkah ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pimpinan dan memastikan keberlanjutan roda pemerintahan, pembangunan, maupun pelayanan masyarakat. 

“Saat ini Gubernur Lukas Enembe status hukumnya adalah tersangka dan telah dilakukan penahanan, maka untuk menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan Sekda Papua melaksanakan tugas sehari-hari Gubernur Papua sesuai ketentuan perundangan. Hal ini mengingat Wakil Gubernur Papua kosong dan belum dilakukan pengisian,” ujar Benni dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (12/1/2023).


Ridwan Rumasukun ditunjuk Mendagri sebagai Plh Gubernur Papua menggantikan sementara Lukas Enembe yang tengah menjalani proses hukum di KPK. Ridwan sebelumnya merupakan Sekda Papua. (FOTO: ISTIMEWA)

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut