Sinergi Kesbangpol PBD dan Lintas Suku Asli Papua Dukung Kelancaran Pemilukada Serentak

ANDREW CHAN
Sinergitas Kesbangpol Pemprov Papua Barat Daya dan Lintas Suku asli Papua dukung Kelancaran Pilkada serentak Papua Barat Daya. (FOTO: iNewsSorong.id)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antar lembaga adat serta Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya, Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat Daya menggelar pertemuan bersama Forum Lintas Suku Asli Papua Raya Provinsi Papua Barat Daya, bertempat di Hotel Vega Sorong, Jumat (25/10/2024). 


Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Barat Daya Sellvyana Sangkek. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

 

Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Barat Daya Sellvyana Sangkek mengatakan, pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan pemilukada pertama di Provinsi Papua Barat Daya.

Dimana yang menjadi elemen penting dalam acara pesta demokrasi adalah pemilu, demokrasi dan peran pemerintah. Dalam hal ini masyarakat tentu menyambut pesta demokrasi ini dengan memiliki kebebasan untuk memilih pemimpin yang terbaik yang akan mengarahkan kebijakan, membawa pembangunan dan kesejahteraan di Provinsi Papua Barat Daya. 


Sinergitas Kesbangpol Pemprov Papua Barat Daya dan Lintas Suku asli Papua dukung Kelancaran Pilkada serentak Papua Barat Daya. (FOTO: iNewsSorong.id)

 

 

"Pertemuan ini bertujuan untuk menjaga dan menegakkan keamanan serta ketertiban masyarakat dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024," tegas Kepala Kesbangpol PBD. 

Pemilu, sambungnya, bukan hanya sekedar pesta 5 tahunan. Akan teapi pemilu lebih kepada bagaimana pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan mewujudkan kedaulatan rakyat memilih pemimpin yang memiliki figur terbaik yang dapat membawa perubahan di Provinsi Papua Barat Daya khususnya. 


Sinergitas Kesbangpol Pemprov Papua Barat Daya dan Lintas Suku asli Papua dukung Kelancaran Pilkada serentak Papua Barat Daya. (FOTO: iNewsSorong.id)

 

 

"Peran pemerintah dalam Pemilukada adalah peran stabilitas keamanan, tentunya ini harus bersinergi dengan elemen-elemen masyarakat salah satu adalah forum lintas suku asli papua dan beberapa elemen lain yang punya peran penting," ungkap Sellvyana Sangkek. 

Menurut Kaban Kesbangpol PBD, Forum Lintas Suku Asli Papua perlu digandeng karena mereka yang selalu berhubungan dengan masyarakat secara langsung.

"Dengan menggandeng Forum Lintas Suku Asli Papua, kami harapkan peran aktif masyarakat dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024. Jika ada permasalahan pilkada yang terjadi, segera melaporkan secara berjenjang," tegasnya.

Kepala Kesbangpol PBD juga berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat tercipta kerja sama antara Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dan Forum Lintas Suku Asli Papua di Provinsi Papua Barat Daya. Serta terwujudnya Pilkada yang aman dan damai di Provinsi Papua Barat Daya. 

Dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Papua Barat Daya Sirajuddin Gandhi memberikan materi terkait tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya. 

Sementara Komisioner Bawaslu Papua Barat Daya Sofyan Saman memberikan materi, terkait pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Papua Barat Daya, Bupati-Wakil Bupati serta Walikota-Wakil Walikota.

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network