Pariwisata Berkelanjutan Menjadi Pusat Perhatian di Papua Barat Daya dengan Peluncuran WISE Trips

ZADRAK WANGGAI
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Parekraf Papua Barat Daya, Yusdi Lamatenggo, saat menyampaikan sambutan usai acara Launching Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua. (FOTO : iNewsSorong.id - ZW)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Acara Launching Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua yang diadakan pada Senin (23/9/2024) di Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Lindung kilometer 14, Kota Sorong, merupakan inisiatif dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Dispora Parekraf) Papua Barat Daya untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan di wilayah tersebut.

Program ini bertujuan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim global melalui promosi perjalanan rendah karbon, yang mengajak wisatawan untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam Papua.

Dalam sambutannya, Kepala Dispora Parekraf Papua Barat Daya, Yusdi Lamatenggo, menekankan pentingnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan ekonomi berkelanjutan melalui inovasi dan investasi di sektor pariwisata.


Acara Launching Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua yang diadakan pada Senin (23/9/2024) di Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Lindung kilometer 14, Kota Sorong, (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Menurut Yusdi, Program WISE ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, yang telah meluncurkan program Blue Green Circular Economy (BGCE) di sektor pariwisata sebagai salah satu langkah menghadapi perubahan iklim. Dimana Papua Barat Daya menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan konsep ekonomi sirkular tersebut dalam pariwisatanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad, melalui sambutan tertulis yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Ekonomi George Yarangga, menegaskan bahwa wilayah Papua Barat Daya memiliki potensi besar dalam wisata alam dan budaya, yang perlu dikelola secara berkelanjutan. Diharapkan program WISE Trips ini menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia dalam mengembangkan pariwisata rendah karbon untuk mengurangi emisi.


Acara Launching Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua yang diadakan pada Senin (23/9/2024) di Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Lindung kilometer 14, Kota Sorong, (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Acara launching ini diikuti dengan kegiatan penanaman pohon sebagai simbol pengurangan emisi karbon, serta penyerahan plakat kepada lima mitra usaha yang telah bekerja sama dalam pengembangan program WISE Trips di Papua Barat Daya.

Selain itu, pada 22 September 2024, Taman Wisata Alam Sorong juga menjadi lokasi ajang Kasuari Trail Run 2024, yang mengangkat tema "Kami Siap Untuk Jaga Alam Lestari".


Kasuari Trail Run 2024, yang mengangkat tema "Kami Siap Untuk Jaga Alam Lestari jelang Launching Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Acara tersebut menggabungkan olahraga dengan upaya pelestarian alam, diikuti oleh prajurit TNI, komunitas pelari, serta pelajar.

Inisiatif-inisiatif ini menunjukkan upaya serius dari Pemerintah Papua Barat Daya dalam mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan sambil menjaga kelestarian lingkungan.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network