Kabar Gembira, Pemprov PBD Bantu 8 Unit Angkutan Umum Bagi Mama-Mama Pedagang Asli Papua

MELINDA WAA
Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad menyerahkan bantuan mobil angkutan umum bagi mama-mama papua dan diterima Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli di halaman Kantor Gubernur Papua Barat Daya, Jumat (17/5/2024).(FOTO : iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

SORONG, INewsSorong.id – Tingginya biaya transportasi yang dikeluhkan mama-mama Papua dalam mengangkut hasil kebun mereka ke pasar menjadi perhatian khusus Pemerintah. Untuk mengatasi hal itu, pihak Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melalui Dinas Perhubungan Provinsi menyerahkan sebanyak 8 unit kendaraan roda empat sebagai penunjang fasilitas angkutan umum bagi mama-mama pedagang asli papua yang tersebar di  5 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Papua Barat Daya.

Penyerahan kendaraan angkutan umum tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad di halaman kantor Gubernur, Jumat (17/5/2024).

Bantuan kendaraan angkutan umum tersebut diterima langsung 6 pimpinan daerah, diantaranya, Pj Bupati Sorong Edison Siagian, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, Pj Bupati Maybrat Bernhard Rondonuwu serta perwakilan dari Pemkab Raja Ampat dan Kabupaten Tambrauw.


Pj Bupati Sorong Edison Siagian lakukan test drive mobil angkutan umum bagi mama-mama pedagang asli papua, usai diserahkan oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad di halaman kantor gubernur, Jumat (17/5/2024). FOTO : iNewsSorong.id - MEWA).
 

“Bantuan enam unit mobil angkutan untuk mama papua sudah saya serahkan kepada enam kepala daerah. Bantuan mobil ini diberikan untuk membantu mama papua mengangkut hasil kebunnya untuk dijual di pasar,” ungkap Pj Gubernur PBD usai menyerahkan bantuan di halaman Kantor Gubernur PBD, Jumat (17/5/2024).

Mohammad Musa’ad mengatakan angkutan umum tersebut sebagai bentuk perhatian serius pemerintah kepada mama-mama pedagang asli Papua yang sebelumnya mengeluhkan kondisi biaya transportasi. Dia berharap dengan adanya angkutan umum tersebut, juga dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka.

" Diharapkan dapat membantu meringankan beban mama papua akan tingginya biaya transportasi ketika mengangkut hasil kebun. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian mama papua,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Mohammad Musa’ad menegaskan alat transportasi tersebut nantinya dapat dikelola dengan baik oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota di wilayah Papua Barat Daya untuk kepentingan masyarakat.

“Kendaraan yang sudah diterima tadi nanti dapat dikelola dengan baik oleh masing-masing kabupaten/kota untuk kepentingan masyarakat.  ,”ujarnya.


Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli saat lakukan test drive mobil angkutan umum bagi mama-mama pedagang asli papua, usai diserahkan oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad di halaman kantor gubernur, Jumat (17/5/2024). FOTO : iNewsSorong

 

 

Sementra itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Daya, Viktor Salossa mengungkapkan, kendaraan angkutan umum yang telah diserahkan, nantinya akan dikelola sepenuh nya oleh pihak pemerintah kabupaten/ kota. Termasuk penyedian bahan bakar dalam pengoperasian angkutan umum tersebut.

“ Dua unit lain akan dikelola oleh kami dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Daya. Dan untuk enam unit lainya setelah diserahkan maka operasional sampai menyediakan bahan bakar minyak mobil angkutan mama papua menjadi tanggung jawab dari masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota,”ujarnya.

Viktor juga mengatakan terkait pengadaan bantuan mobil angkutan umum bagi mama-mam papua, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) perubahan tahun anggaran 2023 dengan total anggaran Rp 3 Miliar.

"Untuk satu unit mobil berkisar empat ratus juta lebih maka total keseluruhan 8 unit mobil sebesar tiga miliar rupiah lebih sudah termasuk dengan dengan pajak," rincinya.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network