get app
inews
Aa Read Next : Sinergi Kesbangpol PBD dan Lintas Suku Asli Papua Dukung Kelancaran Pemilukada Serentak

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Raja Ampat: Semangat Pemuda Papua Barat Daya Menuju Indonesia Maju

Senin, 28 Oktober 2024 | 08:04 WIB
header img
Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tingkat provinsi Papua Barat Daya yang dipusatkan di Kantor Bupati Raja Ampat, Senin (28/10/2024). (FOTO: iNewsSorong.id - AND)

 

WAISAI, iNewsSorong.id - Dalam semangat kebersamaan dan komitmen untuk kemajuan bangsa, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad, memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96 tingkat provinsi Papua Barat Daya yang digelar di Kantor Bupati Raja Ampat, Senin (28/10/2024). Upacara ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk pejabat daerah, Forkopimda Papua Barat Daya dan Raja Ampat, serta pelajar dari tingkat SD hingga SLTA, instansi pemerintah, dan personel TNI-Polri.


Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad dan istri foto bersama peserta upacara Sumpah Pemuda ke-96. (FOTO: iNewsSorong.id - AND)

 

 

Dalam upacara ini, Pj Gubernur Musa'ad menyampaikan pesan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Pesan tersebut mengingatkan kembali akan nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928 yang menyatukan pemuda Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan. Semangat ini, menurutnya, harus tetap hidup dalam jiwa pemuda saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah.

Pada momentum yang penuh makna ini, tema “Maju Bersama Indonesia Raya” mengemuka sebagai panggilan bagi seluruh elemen bangsa untuk memajukan pelayanan kepemudaan di seluruh daerah, termasuk di Papua Barat Daya. Menpora RI menekankan pentingnya meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja, partisipasi, dan kepemimpinan.

"Pemuda Indonesia memiliki peran besar dalam pembangunan bangsa, baik sebagai subjek yang aktif berpartisipasi maupun sebagai objek yang perlu diberdayakan. Dengan capaian IPP 56,33 persen, kita perlu menggerakkan potensi pemuda secara masif di seluruh wilayah, termasuk Papua Barat Daya," kata Musa'ad dalam pidatonya, mengutip Menpora RI.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga sekaligus menjadi ajang konsolidasi bagi pemuda di masa transisi menuju Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia diharapkan menjadi negara maju dan sejahtera. Pemerintah daerah di seluruh Indonesia, termasuk Papua Barat Daya, diimbau untuk mengembangkan kebijakan kepemudaan yang berkesinambungan demi memperluas jangkauan pelayanan dan memastikan bahwa setiap pemuda mendapat perhatian.

Usai upacara, Pj Gubernur bersama Forkopimda menggelar kegiatan jalan santai bersama masyarakat, pelajar, dan pegawai pemerintah di Raja Ampat. Kegiatan ini mencerminkan kebersamaan dan solidaritas, sejalan dengan slogan yang disampaikan dalam pidato, “Ketorang Kuat Karena Ketorang Satu”.

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut