get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Tambrauw Bantah Tudingan Miring Komisioner Bawaslu PBD, Siap Hadiri Pleno KPU Provinsi

Bentrok Dua Kelompok Massa Pendukung Parpol di Kabupaten Lany Jaya, 9 Orang Terluka

Jum'at, 23 Februari 2024 | 12:16 WIB
header img
Bentrok antar massa dari dua kubu pendukung Partai Politik di Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan akibatkan dua orang terluka. (Foto: IST)

 

 

TIOM, iNewsSorongRaya.id - Sembilan (9) orang warga terluka dalam bentrokan antar massa dari dua kubu pendukung Partai Politik di Distrik Wiringganbut, Kabupaten Lany Jaya, Papua Tengah, Rabu (21/2/2024) kemarin. 

Bentrok antar massa tersebut dipicu adanya dugaan kecurangan pleno rekapitulasi surat suara Pemilu tingkat Distrik Wiringgambut. 

Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay, S.IK yang dikonfirmasi wartawan, membernarkan adanya peristiwa tersebut. 

"Bentrok antar kedua kubu Partai PBB dan Partai PDIP terjadi lantaran adanya dugaan kecurangan Pleno di tingkat Distrik Wiringgambut yang dilaksanakan kemarin (21/2), "ungkap Kapolres Lanny Jaya, AKBP Umar Nasatekay, S.IK ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (22/2/2024) siang kemarin. 


Bentrok antar massa dari dua kubu pendukung Partai Politik di Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan akibatkan dua orang terluka. (Foto: IST)

 

 

Atas peristiwa tersebut menurut Kapolres sebanyak sembilan (9) warga mengalami luka-luka serius. Para korban dari dua kubu pendukung Parpol menurut Kapolres telah di tangani oleh pihak medis. 

"Kejadian tersebut mengakibatkan sembilan (9) warga mengalami luka - luka diantaranya dari kubu Partai PDIP sebanyak 4 warga sehingga dilarikan ke RSUD Tiom sedangkan dari kubu Partai PBB sebanyak 5 warga yang dilarikan ke Puskesmas Prime untuk dilakukan perawatan medis,"ungkap Kapolres. 

Atas kejadian tersebut menurut Kapolres pihaknya mengerahkan personil Polres Lanny Jaya dan Brimob Pos Indaw untuk melakukan pengamanan agar bentrok antar kedua kubu tidak berlanjut.

"Untuk permasalahan ini, kami serahkan ke Bawaslu dan KPU Kabupaten Lanny Jaya untuk dilakukan penyelesaian sehingga bentrok tersebut tidak berlanjut karena ini terkait pemilu sehingga penyelenggara pemilulah yang harus menyelesaikan dan kami dalam hal ini Polres Lanny Jaya akan terus memonitoring dan melakukan pendampingan,"ujarnya. 

Terkait situasi Kamtibmas pasca bentrok massa dua kubu pendukung Parpol tersebut menurut Kapolres dalam keadaan aman dan kondusif. Namun pihak Kepolisian terus melakukan Patroli dan pendekatan terhadap tokoh-tokoh masyarakat dan pimpinan Parpol agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. 


Bentrok antar massa dari dua kubu pendukung Partai Politik di Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan akibatkan dua orang terluka. (Foto: IST)

 

 

"Untuk sampai saat ini situasi masih aman dan kondusif namun kami tetap melakukan patroli maupun pendekatan agar bentrok tersebut tidak berlanjut hingga ada putusan dari Bawaslu dan KPU Kabupaten Lanny Jaya,"pungkasnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut