get app
inews
Aa Read Next : Proses Pemilu di Raja Ampat Dianggap Cacat Hukum, Massa Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu

Tak Ingin Kecolongan Jelang HUT OPM, Aparat Gabungan TNI POLRI di Raja Ampat Tingkatkan Kewaspadaan

Kamis, 01 Desember 2022 | 03:38 WIB
header img
Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran pimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan personel TNI dan POLRI antisipasi gangguan Kamtibmas jelang HUT OPM 1 Desember, (FOTO

WAISAI, iNewsSorong.id - Polres Raja Ampat melakukan Apel Siaga TNI-POLRI, dalam rangka mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas yang dilakukan kelompok simpatisan Pro Kemerdekaan Papua menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM)  01 Desember 2022 diwilayah Kabupaten Raja Ampat. 


Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran pimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan personel TNI dan POLRI antisipasi gangguan Kamtibmas jelang HUT OPM 1 Desember, (FOTO : iNewsSorong.id-HO : Humas Polres Raja Ampat)

 

Apel siaga sesuai kalender Kamtibmas Polda Papua Barat tersebut dipimpin lansung Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, S.I.K,.M.I.K berlansung di lapangan apel Mapolres Raja Ampat,  Rabu malam (30/11/2022). 

Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran S.IK. MIK dalam arahan mengatakan apel gelar pasukan yang digelar hari ini dalam rangka mengantisipasi HUT Kemerdekaan Papua di wilayah Kabupaten Raja Ampat yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. 


Apel gelar pasukan kesiapsiagaan personel TNI dan POLRI antisipasi gangguan Kamtibmas jelang HUT OPM 1 Desember, di Kabupaten Raja Ampat (FOTO : iNewsSorong.id-HO Humas Polres Raja Ampat)

 

Pelaksanaan apel gelar pasukan ini menurut AKBP Edwin sesuai kalender Kamtibmas Polda Papua Barat dan perintah langsung pimpinan TNI dan POLRI untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel TNI dan POLRI menjelang HUT Kemerdekaan Papua. 

"Pelaksanaan apel malam hari ini merupakan, perintah pimpinan Kapolda Papua Barat dan Pangdam Kasuari, dalam kesiapsiagaan menjelang HUT Kemerdekaan Papua di Kabupaten Raja Ampat," ujar AKBP Edwin.


Personel TNI hadir dalam apel gelar pasukan pengamanan jelang HUT OPM 1 Desember 2022 besok(FOTO: iNewsSorong.id-HO : Humas Polres Raja Ampat)

 

Menurut AKBP Edwin, sesuai perintah Kapolda Papua Barat untuk memberikan imbauan kepada seluruh tempat usaha percetakan yang berada dimasing - masing daerah di wilayah Provinsi Papua Barat, untuk tidak mencetak produk apapun yang berkaitan dengan aksi-aksi separatisme dalam memperingati HUT kemerdekaan Papua 1 Desember 2022. 

"Dan untuk wilayah Kota Waisai, Raja Ampat sendiri lewat Satuan Intelkam Polres (Raja Ampat) telah menyambangi dan memberikan himbaun tersebut kepada sejumlah percetakan yang berada di wilayah tersebut, untuk tidak menerima orderan dari oknum-oknum yang ingin membuat stiker maupun bendera yang bergambarkan Papua Merdeka," terang AKBP Edwin.


Personel Polri saat melakukan pemeriksaan di pelabuhan laut Waisai dalam pengamanan gabungan TNI dan POLRI jelang HUT OPM 1 Desember 2022. (FOTO: iNewsSorong.id-HO: Humas Polres Raja Ampat)

 

Selanjutnya AKBP Edwin mengatakan, setelah pelaksanaan apel gabungan malam ini, dirinya lansung memerintahkan Kabag Ops, AKP Muhadi, SH, dapat mengatur dan mengarahkan anggota untuk melakukan patroli diseputaran wilayah Kota Waisai Raja Ampat. 

"Guna mengantisipasi adanya kelompok maupun masyarakat yang melakukan kegiatan yang mengarah pada kegiatan makar atau HUT Kemerdekaan Papua Merdeka," ujar Kepolres.

Pantauan Jurnalis iNewsSorong.id di lapangan, usai pelaksanaan apel siaga gabungan TNI - POLRI, sekitar Pukul 20.30 WIT, aparat gabungan TNI - POLRI mulai melakukan kegiatan Patroli diseputaran Distrik Kota Waisai. 

Adapun rute yang dilalui oleh personel TNI - POLRI dalam patroli gabungan tersebut, diantaranya melintasi jalan Bhayangkara, memutari bundaran HI, menyusuri Jenderal Sudirman atau Jalan 30 hingga menuju Mansapur. Selanjutnya personel gabungan melanjutkan Patroli menuju kawasan pelabuhan laut Waisai dan sejumlah lokasi lainnya. 

Kegiatan patroli gabungan TNI POLRI ini selesai dilakukan pada pukul 00.00 WIT, selanjutnya personel gabungan kembali di Mapolres Raja Ampat untuk bersiaga. 


Patroli gabungan TNI dan POLRI jelang HUT OPM 1 Desember 2022. Pengamanan di Kabupaten Raja Ampat diperketat jelang HUT OPM tersebut . (FOTO: iNewsSorong.id-HO : Humas Polres Raja Ampat)

 

Pelaksanaan Patroli tak hanya dilakukan di dalam kota, namun aparat gabungan TNI dan Polri juga melakukan patroli laut di wilayah pesisir Raja Ampat. 

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan dan patroli bersama tersebut, turut hadir sejumlah pejabat utama dilingkungan Polri dan TNI, diantaranya, Kabag OPS Polres Raja Ampat, AKP Muhadi, SH, Kabag Ren, AKP. Anis D.J, Kabag Sumda, AKP. Sutardi, Kasat Lantas, IPTU Opel A. F. Tunay, Kasat Binmas, IPTU. Kadri Bahmid, Kasat Intelkam, IPDA. Susilo, SH, Kasat Narkoba, IPDA Fuadi Ibrahim, S.Trk, Pasi OPS Kodim 1805/Raja Ampat, Letda Inf. Safrudin Safa, beserta sejumlah personil Polres dan Kodim Raja Ampat . 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut