get app
inews
Aa Read Next : Jelang Ground Breaking Pabrik Smelter dan Baja di KEK Sorong, Presiden Direncanakan Hadir

Ritual Adat Warnai Pembukaan KMAN VI di Tanah Tabi

Senin, 24 Oktober 2022 | 08:33 WIB
header img
Ketua Umum Panitia KMAN VI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw pada konfrensi pers yang di gelar di Media Center KMAN VI, Stadion Barnabas Youwe minggu, (23/10/2022). (Foto : Collins)

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-Enam (KMAN VI) yang digelar mulai hari ini 24 oktober 2022, di warnai dengan sejumlah kegiatan adat diantaranya pawai budaya serta ritual penyerahan batu dan tanah kepada Dewan Adat Papua. 

Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-Enam (KMAN VI) 2022  Mathius Awoitauw mengatakan pawai budaya nantinya memulai start dari lapangan makam Almarhum Theys Hiyo Eluay, dan finis dan stadion Barnabas Youwe.  Kemudian di lanjutkan dengan ritual penyerahan batu dan tanah yang dibawa oleh  duta –duta masyarakat adat Nusantara dari masing-masing daerah untuk pembuatan Monumen Nusantara keindonesiaan.

" ritual  itu akan dilakukan sebelum start pembukaan di Stadion Bas Youwe, " Mathius Awoitauw dalam konfrensi pers di Media Center KMAN VI, Stadion Bas Yowe Sentani, (23/10/2022).

Lanjut Awoitauw, selain beberapa acara tersebut , panitia juga menyiapkan acara dialog serta beberapa dokumen karya-karya masyarakat adat yang diserahkan oleh pemerintah kepada masyarakat adat , kemudian pentas  kebudayaan tarian dari anak-anak muda di jayapura.

" dua hari akan berlangsung sarasehan ,di 12 titik setelah kembali pleno dan rapat komisi,“jelas Mathius Awoitauw.

Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI tahun 2022 akan berlangsung dari tanggal 24-30 oktober 2022, dengan mengusung Thema “ Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk menjaga identitas Adat yang beragam serta Tangguh Menghadapi Krisis “.

Rencananya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membuka secara resmi kongres tahunan yang dihadiri ribuan masyarakat adat se Indonesia dan tamu undangan dari dalam dan luar negeri. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut