Kompolnas Beri Penghargaan kepada Petugas yang Berhasil Bebaskan Sandera di Papua

ANDREW CHAN
Komisoner Kompolnas, Poengky Indarti menyampaikan apresiasi dan penghargaan dari Kompolnas RI bagi aparat keamanan yang berhasil bebaskan sandera di Papua tanpa adanya jatuh korban. (FOTO : IST).

 

JAKARTA, iNewsSorong. id - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap Satgas Damai Cartenz-2024 atas keberhasilannya dalam membebaskan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua selama 1,5 tahun.

Hal itu disampaikan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti di Jakarta pada Sabtu, 21 September 2024. Poengky menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polri, khususnya Satgas Damai Cartenz, serta pihak-pihak terkait yang berperan dalam proses pembebasan tersebut.

Menurutnya, pembebasan ini dilakukan melalui pendekatan damai atau soft approach, yang mengutamakan solusi tanpa kekerasan dan melibatkan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat, agama, dan adat.

Poengky menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri dan pihak-pihak terkait atas komitmen mereka dalam menghindari kekerasan dan menekankan kemanusiaan dalam proses pembebasan. Ia juga berharap Papua dapat menjadi wilayah yang lebih aman dan damai ke depannya.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombespol Bayu Suseno, turut mengapresiasi koordinasi yang baik dengan Kompolnas selama proses pembebasan, menekankan pentingnya kerja sama antara berbagai lembaga untuk menyelesaikan kasus penyanderaan ini.

Pembebasan Kapten Mehrtens yang dilakukan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua, pada 27 September 2024, menunjukkan keberhasilan strategi humanis yang diharapkan dapat menjadi model penyelesaian konflik di wilayah tersebut di masa depan.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network