Dua Mitra Binaan Pertamina di Ambon Terima Kunjungan Tim ADWI Kemenparekraf 2024

MELINDA WAA
Tim juri ADWI Kemenparekraf 2024 kunjungi dua mitra binaan CSR Pertamina di Ambon. (FOTO: IST)

 

 

AMBON, iNewsSorong.id - Dua mitra binaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga AFT Pattimura Ambon, yaitu PAUD Sadar Lingkungan dan Bank Sampah Bumi Lestari Maluku, menerima kunjungan dari juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau inovasi yang dihasilkan melalui program CSR tersebut, terutama yang berkaitan dengan kesadaran lingkungan dan pengelolaan sampah.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengungkapkan, beberapa produk unggulan yang dihasilkan oleh program ini antara lain lilin aromaterapi, sabun dari minyak jelantah, dan Eco-Enzyme dari fermentasi sampah organik. 

Lebih lanjut Edi mengungkapkan, salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah ecobrick, yaitu metode pengolahan sampah plastik yang digunakan untuk membuat sofa yang fungsional dan ramah lingkungan. 

Selain itu, PAUD Sadar Lingkungan juga menerapkan sistem pembayaran SPP menggunakan sampah, sebuah program inovatif yang telah berjalan sejak 2019.

" Sejak 2019, program ini telah berhasil meluluskan 200 anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, semuanya dengan kurikulum yang menekankan pentingnya kesadaran lingkungan," ungkap Edi. 

Program ini menurut Edi, mendapat apresiasi dari tim juri ADWI 2024 atas kontribusi nyata dalam menciptakan ekonomi sirkular dan pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendukung pengurangan emisi karbon.

" Kolaborasi dari Program CSR Pertamina Patra Niaga AFT Pattimura Ambon menjadi bentuk kontribusi positif perusahaan dalam menjaga lingkungan, memberdayakan masyarakat dan mewujudkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan," pungkasnya. 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network