get app
inews
Aa Read Next : Suasana Haru Selimuti Pelepasan Jenazah Briptu Anumerta Steve Karamoy

Serang Pos TNI di Maybrat, KKB Ciderai Damai Natal di Papua Barat Daya

Senin, 25 Desember 2023 | 20:43 WIB
header img
Tim Medis saat berusaha melakukan pertolongan bagi Kopda Herdianto Prajurit Yonif 133 Yudha Sakti yang jadi korban penyerangan KKB di Kabupaten Maybrat, Senin (25/12/2023). (FOTO : iNews)

 

SORONG, iNewsSorong.id - Komandan Korem 181 PVT Brigjen TNI Totok Sutriono menyesalkan aksi brutal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menciderai Damai Natal di Provinsi Papua Barat dengan melakukan penyerangan terhadap Pos TNI Satgas Pamtas Yonif 133 Yudha Sakti di Kampung Bousha, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Senin (25/12/2023) siang tadi. 

Sempat terjadi kontak senjata antara Pasukan TNI dan KKB yang menyebabkan dua prajurit TNI menjadi korban. Seorang anggota TNI dari Satgas Pamtas Yonif 133 Yudha Sakti dilaporkan meninggal dunia dalam baku tembak tersebut. 

" Aksi penyerangan terhadap Pos Bousha Satgas Pamtas Yonif 133/YS oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) seusai melaksanakan ibadah di Gereja Kisor, ini sungguh perbuatan tidak terpuji atau biadab dimana suasana Damai Natal di wilayah Maybrat Papua Barat Daya di ciderai dengan melakukan aksi yang keji," ungkap Danrem Brigjen TNI Totok Sutriono dalam siaran pers yang diterima Redaksi iNewsSorong.id melalui Penrem 181 PVT, Senin (25/12/2023) sore tadi. 

Lanjut Danrem dalam suasana Damai Natal saat ini seharusnya semua pihak harus saling mengasihi dan merayakan kebahagiaan Natal dengan sukacita. 

" Seharusnya kita dalam situasi natal ini harus saling mengasihi dan merayakan damainya hari Kebahagiaan Natal. Namun Kelompok ini malah melakukan perbuatan yang keji dengan menembak anggota satgas Pos Bousha Satgas Pamtas Yonif 133/YS," ujar Danrem. 

Dalam siaran pers tersebut Danrem mengungkapkan atas peristiwa penyerangan tersebut menyebabkan dua personil Satgas Yonif 133 masing-masing Pratu Frangky Gulo mengalami luka tembak pada bagian perut dan sementara dalam penanganan pihak medis serta Kopda Herdianto dilaporkan meninggal dunia akibat terkena tembakan pada bagian kepala. 

" Aksi penyerangan terhadap Pos Satgas Yonif 133/YS oleh KKB mengakibatkan 2 orang personil TNI menjadi korban. Korban masing-masing atas nama Pratu Frangky Gulo luka tembak terkena di perut sebelah kanan (kondisi dalam keadaan sadar) sedang di evakuasi Rumah Sakit (RS) untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan Kopda Herdianto meninggal dunia (MD) terkena tembakan dibagian kepala dengan meninggalkan 1 orang Istri dan 2 orang anak," beber Danrem. 

Lebih lanjut untuk penindakan terhadap KKB tersebut saat ini pihak TNI melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut. Pihak TNI menurut Danrem tetap mengutamakan keselamatan warga sipil di lokasi kejadian. 

" Kondisi terakhir di lokasi tersebut saat ini masih dilaksanakan pengejaran dan tidak ada korban dari masyarakat di sekitar lokasi. Kami mohon doanya, semoga aparat TNI yang sedang bertugas diberikan keselamatan untuk melaksanakan tugas melindungi masyarakat dan pengabdian kepada NKRI," ungkap Danrem. 

Sementara itu, Kapenrem 181/PVT Mayor Inf Bambang Triyono mengatakan untuk jenazah korban anggota TNI Kopda Herdianto akan disemayamkan di Mako Yonif 762 Sorong pada Selasa (26/12/2023). Selanjutnya jenazah akan diberangkatkan ke Markas Yonif 133/YS Padang, Sumatera Barat. 

" Besok Pagi Persemayaman di Yonif 762 lanjut pengantaran ke Bandara DEO Sorong. Selanjutnya dengan pesawat komersil, jenazah akan diberangkatkan ke yonif 133/YS Padang Sumbar," ungkap Mayor Inf Bambang Triyono. 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut