get app
inews
Aa Read Next : Paska Putusan MRPPBD, Polres Raja Ampat Tingkatkan Pengamanan

Lestarikan Alam Bawah Laut, Polres Raja Ampat Transplantasi Terumbu Karang

Jum'at, 02 Desember 2022 | 15:44 WIB
header img
Salah seorang penyelam sedang melakukan proses transplantasi terumbu karang di perairan Raja Ampat (ISTIMEWA)

WAISAI,iNewsSorong.id- Berupaya menjaga kelestarian laut sebagai salah satu pendukung objek wisata alam bawah bawah laut, jajaran Polres Raja Ampat bekerja sama PT GAG Nikel, Pemerintah Daerah (Pemda) berinovasi melakukan transplantasi terumbu karang di kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Kamis (01/12/2022).

Proses transplantasi terumbu karang dilakukan selama dua hari sejak Rabu (30/11/2022) hingga Kamis (1/12/2202) dimana sebanyak 50 Plot transplantasi terumbu karang ditanam kurang lebih pada kedalaman 3 - 5 meter, berjarak 200 meter dari lokasi areal spot dermaga jetty Korpak Villa & Resort Trans Waisai-Waiwo, Raja Ampat. 

Sebelumnya pada hari pertama, sebanyak 40 plot telah ditanam, selanjutnya pada hari kedua ditanam 10 plot yang dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Raja Ampat, Wakil Bupati Raja Ampat, Perwakilan PT GAG Nikel serta tamu undangan lainnya..

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah Tim Penyelam terdiri dari, staf lapangan BKKPN Kupang Satuan Kerja (Satker) Raja Ampat, Personil Satuan Polair Polres Raja Ampat, Staf PSDKP Wilayah Kerja (Wilker) Raja Ampat, serta akademisi Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Sorong.

Menariknya, pada moment kegiatan transplantasi terumbu karang, Dandim 1805/Raja Ampat, Letkol Inf Stevie Joan Klots terlihat masih berpakaian loreng dinas lapangan (PDL) ikut terlibat dalam melakukan manuver penyelaman transplantasi terumbu karang bersama tim penyelam yang lainnya.

Kapolres Raja Ampat, Edwin Parsaoran mengatakan, kegiatan transplantasi terumbu karang merupakan salah satu inovasi pihaknya (Polres Raja Ampat), dalam rangka upaya menjaga kelestarian alam bawah laut, khususnya di wilayah Raja Ampat yang terletak di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle).

"Dimana kegiatan ini bertujuan untuk pemulihan kembali terumbu karang yang
pemanfaatan terumbu karang secara lestari, untuk perluasan terumbu karang dan juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan status telah rusak, terumbu karang tersebut,"ungkap Kapolres. 

"Meskipun diadakan hanya dua hari saja, namun terlaksananya kegiatan (transplantasi terumbu karang-red) ini, bagai kami sangatlah penting, dan bermanfaat buat kita semua,"tambahnya. 

Kapolres mengungkapkan, kegiatan seperti ini kiranya dapat berikan manfaat besar bagi keberlangsungan biota laut yang hidup didalam ekosistem laut kabupaten bahari Raja Ampat itu sendiri, sekaligus kiranya dapat berimplikasi juga terhadap keberlangsungan masa depan anak cucu kita di muka bumi bahari Raja Ampat ini.

"Untuk itu, selaku Kapolres, saya mengucapkan banyak terimakasih setinggi- tingginya atas kesediaan, kehadiran, dan perhatian kepada semua mitra yang telah  meluangkan waktu mensukseskan kegiatan ini secara bersama-sama. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing," kata Kaporles Edwin.

Atas suksesnya kegiatan dimaksud, AKBP Edwin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama para sponsor dan mitra yang telah hadir secara lansung, untuk mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami berharap, kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja, akan tetapi kedepan bisa digalakkan ataupun dikampanyekan kembali oleh semua pihak, termasuk kami Polres Raja Ampat," harap Kaporles. 

Dikesempatan itu, Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, dirinya memberikan apresiasi kepada Kapolres Raja Ampat beserta jajaran, yang sangat menaruh perhatian terhadap kelestarian alam bawah laut dengan melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menumbuhkan pemahaman tentang
regenerasi terumbu karang di Perairan Kabupaten Raja Ampat, secara khusus di Pantai Korpak sebagai salah satu titik penyelaman," jelas Orideko

Menurut Mantan Kepala BPKAD Raja Ampat itu bahwa, kegiatan transplantasi terumbu karang ini tentunya merupakan upaya agar sumber daya unggulan kita tetap lestari dan memberikan jaminan kehidupan bagi masa depan anak cucu kita. Dengan demikian diharapkan lebih jauh kegiatan akan meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap keberadaannya, dan kualitas lingkungannya agar dapat memberi manfaat pada peningkatan pendapatan atau income serta memperkuat sendi-sendi perekonomian.

"Semoga tauladan mulia yang dilakukan olah Bapak Kapolres beserta jajarannya akan menunjukkan hasilnya di masa yang
akan datang, karena peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Raja Ampat yang berbasis pada potensi
Sumber Daya Unggulan merupakan tanggungjawab kita bersama,"tandasnya. 

Kegiatan tersebut, dihadiri lansung Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Setda, Ahli Bidang Investasi Setda, Koordinator BKKPN Kupang Satker Raja Ampat, Perwakilan PT GAG Nikel beserta staf Dinas Pariwisata (Dispar) Raja Ampat, dan undangan lainnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut