get app
inews
Aa Read Next : Ronald Mambieuw : Hargai Sejarah Masa Lalu, Papua Sah Bagian NKRI

Rehabilitasi Terumbu Karang, Pertamina Tanam 1000 Fragmen Terumbu Karang di Pulau Soop

Rabu, 23 November 2022 | 04:18 WIB
header img
Pertamina EP Papua Field melaksanakan realisasi program konservasi terumbu karang dengan menanam terumbuh karang di Pulau Soop, Selasa (22/11/2022). (FOTO: JUVEN)

SORONG,iNewsSorong.id - Membangun kembali habitat terumbu karang yang telah tercemar oleh oknum tak bertanggungjawab, Pertamina EP Papua Field memiliki rasa tanggung jawab untuk mengembalikan kondisi terumbu karang tersebut melalui realisasi program konservasi terumbu karang dengan menanam terumbu karang di Pulau Soop, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan penanaman 1000 fragmen terumbu karang seluas 100 m² melibatkan masyarakat lokal dari wilayah setempat. 

Communication Relation & CID Zona 14, Hariyanto menjelaskan, dari 1000 fragmen terumbu karang baru sekitar 500 yang sudah ditanam di Pulau Soop. 

"Jadi kita akan menanam 1000 fragmen terumbu karang di Pulau Soop, dan saat ini baru sekitar 500 yang sudah ditanam," jelasnya.


Pertamina EP Papua Field melaksanakan realisasi program konservasi terumbu karang dengan menanam terumbuh karang di Pulau Soop, Selasa (22/11/2022). (FOTO: JUVEN)

 

Sebab menurut Hariyanto, pada kenyataannya bahwa banyak terumbu karang di wilayah Sorong dan Raja Ampat mengalami kerusakan yang disebabkan baik oleh kondisi alam maupun ulah manusia itu sendiri. Akibatnya kehidupan terumbu karang terancam dan mengalami penurunan.

Atas dasar itulah Pertamina EP Papua Field ikut berkontribusi untuk mengembalikan keberlangsungan fungsi dari terumbu karang. 

Keikutsertaan Pertamina EP Papua Field dalam proses rehabilitasi terumbu karang sudah berlangsung sejak tahun 2020. Raja Ampat pun merupakan bagian dari lokasi penanaman terumbu karang sebanyak 4000 dengan luasan 300 m² pada saat itu. 

"Dan alhamdulila pertumbuhan terumbu karang sangat baik dan dampak manfaatnya pun kita dapat dari situ," kisahnya.

Karena itu dirinya berharap kiranya dengan adanya rehabilitasi terumbu karang ini bisa nantinya mengembalikan keberlangsungan terumbu karang, dan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut