get app
inews
Aa Read Next : Berjiwa Besar, Kapolda PB Minta Maaf, Walau Sejumlah Pos Polisi Dirusak Oknum TNI AL

Breaking News! Tim Gakum Polda Papua Barat Tangkap 1 DPO Pelaku Pembantaian 4 Anggota TNI di Maybrat

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 20:49 WIB
header img
Aktivitas KKB wilayah Kabupaten Maybrat ( Foto : Istimewa )

SORONG, iNewsSorong.id - Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga membenarkan anggotanya berhasil mengamankan dua terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terlibat dalam kasus penyerangan pos Koramil Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Kamis (2/9/2021) dini hari lalu yang menyebabkan empat prajurit TNI AD meninggal dunia dan penyerangan 14 pekerja jalan trans Papua Barat yang terjadi pada Kamis (29/9/2022) lalu yang menyebabkan empat pekerja meninggal dunia dan dua lainnya terluka. 

Selain mengamankan kedua terduga pelaku penyerangan, Polisi juga mengamankan dua simpatisan KKB

" Ia benar, jadi yang DPO pembantaian TNI yang di Kisor itu satu orang, kemudian yang pelaku penyerangan 14 pekerja di Moskona sayu orang, terus yang simpatisan (KKB) ada dua yang kita tangkap, jadi ada empat," ungkap Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga yang dikonfirmasi iNewsSorong.id, Sabtu (15/10/2022) malam tadi. 

Sementara itu terkait diamankannya 6 karyawan PT Bangun Kayu Irian (BKI) oleh pihak Kepolisian, menurut Kapolda enam karyawan itu telah dilepas dan dikembalikan ke pihak perusahaan. 

" Untuk karyawan PT. BKI sudah dikembalikan ke perusahaan. Mereka hanya dimintai keterangan," ujar Kapolda. 

Pihak Polda Papua Barat hingga saat ini masih terus melakukan langkah penegakan hukum terhadap para pelaku penyerangan terhadap 14 pekerja jalan trans Papua Barat di Kampung Moskona, Kabupaten Teluk Bintuni dan pelaku penyerangan terhadap 4 prajurit TNI AD di Pos Koramil Kisor, Distrik Aifat Kabupaten Maybrat.

" Operasi penegakan hukum masih terus berjalan. Kami kejar terus mereka para pelaku," tegas Kapolda. 

Sebelumnya diberitakan Tim Gakum (Penegakan Hukum) Polda Papua Barat yang dipimpin Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Pria Premos berhasil menangkap satu DPO pelaku penyerangan anggota TNI AD di Kampung Kisor, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, beberapa waktu lalu dimana terduga pelaku diketahui bernama Yanwaris Sawa. 

Operasi gakkum gabungan yang digelar oleh Polda Papua Barat tersebut melibatkan personel Brimob Polda Papua Barat, Personel Polres Maybrat dan Personel Polres Sorong Selatan.

Dari informasi yang didapatkan, Yanwaris Sawa ditangkap tim Gakum Polda Papua Barat pada hari Jumat, (14/10/2022) di sekitar Kampung Susumuk, Kabupaten Maybrat. 

Dalam operasi Gakum tersebut juga Tim gabungan dilaporkan berhasil mengamankan 2 orang terduga pelaku pembunuhan yang telah menghilangkan nyawa orang lain baik aparat maupun warga sipil dan merupakan terduga simpatisan Kelompok Separatis Teroris (KST) wilayah Maybrat. 

Kedua orang terduga pelaku pembunuhan pekerja proyek jalan trans Papua Barat juga berhasil diamankan masing-masing, Jefri Aifat (26), status mahasiswa yang diduga sebagai simpatisan KST berhasil diamankan di Kampung Kisor dan Manfret Ky (17), status pelajar berhasil diamankan di Kampung Kisor dan diduga sebagai simpatisan KST. 

Selain itu tim Gakum juga dilaporkan mengamankan sejumlah orang yang diduga merupakan karyawan PT. BKI guna kepentingan penyelidikan pihak Kepolisian dalam kasus dugaan pembakaran perusahaan kayu PT. BKI beberapa waktu lalu. 

Sejumlah karyawan yang diamankan diantaranya, Agus (Mekanik alat berat PT BKI), Risky (Mekanik alat berat PT BKI), Simon kamat (Karyawan PT BKI), Loenardus Kamat (Karyawan PT BKI), Gerardus Faan (Karyawan PT BKI), dan Yonatan Asem (Operator eksafator PT BKI).

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut