Longsor Terjang Timika Papua Tengah akibat Curah Hujan Tinggi, 7 Orang Meninggal

Donald Karouw
Bencana longsor akibat curah hujan tinggi terjadi di area Wini Kali Kabur, Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada hari Minggu (14/7/2024) pukul 09.00 WIT. Foto: Humas Polda Papua

TIMIKA, iNewsSorongRaya.id - Bencana longsor akibat curah hujan tinggi terjadi di area Wini Kali Kabur, Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada hari Minggu (14/7/2024) pukul 09.00 WIT. Dalam kejadian ini, tujuh orang meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan bahwa awalnya menerima laporan warga terkait tanah longsor di area Wini Kali Kabur dan segera merespons untuk penanganan lebih lanjut.

"Korban jiwa tujuh orang terdiri atas lima orang dewasa dan dua anak-anak," ujarnya pada Minggu (14/7/2024).

Ia menjelaskan bahwa para korban telah dievakuasi oleh warga bersama petugas. Mereka berasal dari Suku Moni (5 orang) dan Suku Damal (2 orang). Seluruh jenazah akan dimakamkan di Wini.

“Kami juga masih mengidentifikasi identitas para korban bencana tanah longsor ini,” katanya.

Kapolres Mimika AKBP I Komang Budiarta mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menjauhi daerah-daerah rawan banjir atau tanah longsor. Selain itu, ia menyarankan untuk memantau perkembangan cuaca dan memperhatikan peringatan dini.

“Meskipun musibah alam sulit diprediksi kapan terjadi, namun dengan kewaspadaan yang tinggi diharapkan dapat meminimalisasi dampak yang ditimbulkan. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kewaspadaan untuk dapat mengurangi risiko bencana dan menghindari korban jiwa,” ucapnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network