Jenazah Karyawan Bank Papua Korban Penembakan KSTB Diberangkatkan ke Kota Sorong

DINA BEATRIX
Aparat keamanan gabungan TNI dan POLRI saat mengevakuasi korban meninggal Darius Julius Yumame, karyawan Bank Papua yang ditembak mati KSTB Pimpinan Kalenak Murib, Selasa (13/12/2022) ( FOTO: istimewa)

TIMIKA, iNewsSorong.id - Kapolres Puncak Komisaris Polisi I Nyoman Punia mengatakan, jenazah Darius Julius Yumame karyawan Bank Papua Cabang Sinak, korban penembakan yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris Bersenjata (KSTB) di Pasar Sinak, Selasa (13/12/2022) akhirnya berhasil di evakuasi ke Timika dengan menggunakan pesawat Cessna 208B Grand Caravan milik Smart Cakrawala Aviation dengan nomer registrasi PK-SNJ. 

"Jenazah korban penembakan Julius Yumame telah dievakuasi ke Kabupaten Mimika," ujar Kapolres Puncak Kompol I Nyoman kepada wartawan Selasa (13/12/2022).

Selanjutnya menurut Nyoman,  jenazah akan dipulangkan ke kampung halamannya di Sorong pada Rabu (14/12/2022) besok.


Aparat keamanan gabungan TNI dan POLRI saat mengevakuasi korban meninggal Darius Julius Yumame, karyawan Bank Papua yang ditembak mati KSTB Pimpinan Kalenak Murib, Selasa (13/12/2022) ( FOTO: istimewa)

 

"Jenazah saat ini telah berada di RSUD Kabupaten Mimika untuk disemayamkan dan akan dikirim ke kampung halamannya di Sorong besok," lanjutnya.

Menurut Nyoman, atas peristiwa tersebut, pihak Kepolisian telah menghubungi pihak keluarga korban untuk memberitahukan kejadian yang menimpa almarhum Julius Yumame. Nyoman berharap pihak keluarga diberikan kekuatan dan kesabaran atas kejadian yang menimpa korban.

"Kami berdoa, korban mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga korban dapat bersabar atas peristiwa yang terjadi. Kami juga akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku agar dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujarnya.


Jenazah Darius Julius Yumame, Karyawan Bank Papua Cabang Sinak yang ditembak KSTB pimpinan Kalenak Murib di Pasar Sinak, Selasa (13/12/2022) (FOTO ISTIMEWA)

 

Sebelumnya diberitakan seorang karyawan Bank Papua Cabang Sinak, Darius Julius Yumame ditemukan tewas akibat ditembak Kelompok Separatis Teroris Bersenjata di kabupaten Puncak, Papua Pegunungan pada Selasa (13/12/2022) sekitar pukul 09.00 WIT pagi tadi. Penembakan itu terjadi saat korban hendak membeli nasi kuning di kawasan Pasar Sinak, Kampung Gigobak.

"Pelaku penembakan itu Kalenak Murib, narapidana kabur dari Lapas Abepura. Dia sudah beberapa kali melakukan penembakan," ungkap Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadhani kepada wartawan, Selasa (13/12/2022).

Faizal menjelaskan Kalenak Murib teridentifikasi melakukan penembakan berdasarkan keterangan saksi-saksi. Namun sejauh ini belum diketahui apa motif penembakan yang dilakukan oleh Kalenak Murib.

"Sebenarnya Kalenak Murib itu lagi dikenakan sanksi adat oleh teman-temannya Gholiat Tabuni dan Lekagak Telenggen yakni pimpinan KKB di wilayah Puncak dan Puncak Jaya," ungkap Faizal.

"Dia dimarahin lantaran Kalenak Murib melakukan penembakan sesuka hatinya. Nah ini dia berulah lagi," sambungnya.

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network