get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Ancam Sanksi Berat Terkait Penyaluran BBM Ilegal di Papua

Mulai 1 September 2024 BBM Turun Harga di SPBU Pertamina, Termasuk Wilayah Papua Maluku

Kamis, 05 September 2024 | 23:41 WIB
header img
Petugas SPBU di Papua saat mengisi bbm ke kendaraan roda empat. (FOTO : iNewsSorong.id -HO Humas PPN Papua Maluku)

 

JAYAPURA, iNewsSorong.id– PT Pertamina Patra Niaga baru saja menurunkan harga BBM non subsidi secara nasional mulai 1 September 2024.

Penurunan harga terjadi pada Pertamax Series dan Dex Series. Adapun Pertamax Series seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Green 95 dan Pertamina Dex. Sedangkan untuk Dex Series yakni Dexlite.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menyatakan bahwa harga BBM non subsidi akan terus mengalami penyesuaian mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus dan juga mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus dilakukan secara berkala setiap bulan tergantung trend harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah. September ini, semua harga BBM non subsidi Pertamina sedang mengalami penurunan harga," jelas Heppy.

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp14.475, Pertamax Green (RON 95) menjadi Rp13.650 dan untuk Pertamax (RON 92) menjadi Rp12.950. Sedangkan untuk Dexlite (CN 51), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 14.050 dan Pertamina Dex (CN 53) harganya menjadi Rp 14.550 per liternya. Harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5% seperti di wilayah DKI Jakarta.

“Tidak hanya turun harga, Pertamina Patra Niaga juga memberikan banyak promo & loyalty program di aplikasi MyPertamina. Selain itu, kami juga terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia,” lanjut Heppy.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun  mengungkapkan penurunan harga BBM non subsidi merupakan hal yang normal.

“Seperti kita tahu bahwa BBM ini apalagi khusus non subsidi kan mengikuti tren harga minyak dunia, jadi sewaktu-waktu bisa naik, bisa tetap, bisa juga turun, ini merupakan hal yang normal,” ujarnya.

Penurunan harga BBM non subsidi juga terjadi di wilayah Papua Maluku. Edi pun mengajak masyarakat di wilayah Papua Maluku mulai beralih menggunakan BBM non subsidi yang memiliki kualitas bahan bakar yang lebih baik.

“Kami mengajak masyarakat agar menggunakan BBM non subsidi karena banyak keuntungannya mulai dari kualitas bahan bakarnya lebih baik, gas buangnya lebih aman untuk lingkungan dan juga pemakaian lebih irit dibandingkan BBM subsidi,” imbuhnya.

Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengakses https://pertaminapatraniaga.com/page/harga-terbaru-bbm atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135

 

Berikut rincian harga BBM non subsidi di wilayah Papua Maluku per 1 September 2024 :

Provinsi Maluku & Maluku Utara

Pertalite: Rp10.000 per liter

Pertamax: Rp13.250 per liter

Dexlite: Rp14.400 per liter

 

Provinsi Papua

Pertalite: Rp 10.000 per liter

Pertamax Turbo: Rp 14.800 per liter

Pertamax: Rp 13.250 per liter

Dexlite: Rp 14.400 per liter

 

Provinsi Papua Barat & Papua Barat Daya

Pertalite: Rp 10.000 per liter

Pertamax: Rp 13.250 per liter

Dexlite: Rp 14.400 per liter

Pertamina Dex: Rp 14.900 per liter

 

Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan & Papua Tengah

Pertalite: Rp 10.000 per liter

Pertamax: Rp 13.250 per liter

Dexlite: Rp 14.400 per liter

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut