get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Gelar Media Briefing bagi Jurnalis Papua Maluku Jelang AJP 2024

Update Harga BBM Terbaru, Pertamina Tetap Paling Murah, Ini Daftar Lengkapnya

Minggu, 11 Agustus 2024 | 14:14 WIB
header img
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun saat memberikan keterangan pers kepada wartawan belum lama ini. (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 


JAYAPURA, iNewsSorong.id - PT Pertamina Patra Niaga melakukan penyesuaian harga pada BBM Non Subsidi yang terdiri dari BBM gasoline: Pertamax Turbo dan Pertamax Green 95, serta produk gasoil yaitu Pertamina Dex dan Dexlite.

Sedangkan untuk BBM dengan jenis Pertamax tak mengalami perubahan harga.

Perlu diketahui, penyesuaian harga BBM Non Subsidi mengacu pada tren harga rata-rata publikasi minyak dunia atau ICP dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika (USD).

Heppy Wulansari selaku Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga menjelaskan terkait penyesuaian harga BBM Non Subsidi telah dilaksanakan oleh seluruh badan usaha pada awal bulan Agustus 2024.

“Mengacu pada rata-rata harga minyak dunia, Pertamina Patra Niaga telah mengevaluasi ulang dan melakukan penyesuaian harga untuk Pertamax Green RON 95, Pertamax Turbo RON 98, serta BBM non subsidi untuk kendaraan diesel yaitu Dexlite dan Pertamina Dex berlaku per 2 Agustus 2024. Untuk Pertamax harga tetap,” jelas Heppy.

Heppy melanjutkan, kebijakan penyesuaian harga BBM Non Subsidi Pertamina selalu mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat, sehingga meskipun tren ICP mengalami kenaikan sejak akhir trimester pertama, harga BBM Non Subsidi Pertamina Patra Niaga tidak mengalami perubahan sejak Maret 2024.

“Penetapan harga ini sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Kami pastikan harga ini tetap kompetitif untuk produk-produk dengan kualitas setara,” tambah Heppy.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan harga BBM yang mengalami fluktuasi merupakan hal yang wajar.

“Kami menghimbau ke masyarakat untuk tetap tenang, karena harga BBM Non Subsidi ini mengikuti harga perekonomian minyak dunia, dan boleh dicek harga Pertamina ini paling murah," ujarnya.

Edi menambahkan pada awal tahun 2024, harga BBM Non Subsidi sempat mengalami penurunan pada bulan Januari 2024.

“Ini kan tidak selamanya harga akan naik terus, semua menyesuaikan tren harga minyak dunia,” tambahnya.

Edi menjelaskan untuk harga Pertamax tidak mengalami perubahan.

Harga terbaru BBM Non Subsidi per 2 Agustus 2024 di wilayah Papua Maluku untuk Pertamax Turbo menjadi Rp 15.800,- per liter. Sementara sektor Gasoil (bahan bakar mesin diesel) untuk Dex Series, Dexlite menjadi Rp 15.700,- per liter, dan Pertamina Dex menjadi Rp 16.000,- per liter.

Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengakses website berikut https://mypertamina.id/fuels-harga atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut