get app
inews
Aa Read Next : 20 Atlet Papua Selatan Siap Ikuti Pekan Paralimpik Nasional  XVII di Kota Solo Jawa Tengah

Tokoh Masyarakat Papua Selatan JGG Tanya Dana Pinjaman Pemkab Merauke Rp 250 Miliar Di Bank Papua

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 03:46 WIB
header img
Tokoh masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze saat menghadiri Deklarasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Merauke Fauzun Nihayah (YosFan), Kamis(22/08/2024) di Taman Mandala Merauke Papua Selatan (FOTO : iNewsSorong.id - SYL)

 

 

MERAUKE, iNewsSorong.id - Tokoh masyarakat Merauke Papua Selatan Johanes Gluba Gebze atau yang akrab disapa JGG mempertanyakan soal peruntukan dana pinjaman pemerintah kabupaten Merauke di Bank Papua sebesar Rp 250 Miliar. Pernyataan itu disampaikannya dalam acara deklarasi koalisi Partai Nasdem dan Demokrat pasangan calon Bupati Merauke Yoseph Gebze dan Calon Wakil Bupati Merauke Fauzun Nihayah (YosFan) pada Kamis(22/08/2024) di Taman Mandala Merauke Papua Selatan.

JGG menyampaikan kekhawatirannya terkait dana pinjaman sebesar ratusan miliar rupiah yang informasinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp 200 milyar dan pembangunan kantor DPR Kabupaten Merauke sebesar Rp 50 milyar dari Bank Papua. Ia menilai bahwa ada indikasi pembagian uang antara Bupati Merauke dan DPRD Merauke.

"Ini cara abunawas yang di Kabupaten Merauke terlalu banyak, untuk DPRD Kabupaten Merauke, uang 250 milyar yang pinjam dari Bank Papua harus dicek dan peruntukanya untuk apa," ucap JGG.

"Ini uang baku bagi antara Bupati dengan DPRD, Bupati 200 milyar dan DPRD 50 milyar, bangun gedung baru itu, terus gedung rakyat ,Ini pengkhianat," tegasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, JGG juga memberikan pesan kepada pasangan YosFan untuk membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat Merauke, yang masih menghadapi kesulitan terutama kampung terpencil yang sebagian besarnya merupakan orang asli papua.

"Ini ada orang masih sengsara, saya harap Yoseph dan Fauzun harus membuat sesuatu yang berbeda," tandasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Merauke yang juga sebagai sekertaris umum DPD Partai Nasdem Merauke Sugiyanto menyatakan bahwa utang tersebut telah lunas.

“Kalau pinjaman di pemerintah ini aturannya sudah jelas, ketika masa jabatan berakhir maka pinjaman itu harus sudah lunas. Hutang 200 milyar itu, 100 milyar ditutup di 2023 dan 100 milyar di tahun 2024," ungkapnya saat ditemui wartawan usai deklarasi koalisi Partai Nasdem dan Demokrat pasangan calon Bupati Merauke Yoseph Gebze dan Calon Wakil Bupati Merauke Fauzun Nihayah (YosFan) di Taman Mandala Merauke Papua Selatan."tutupnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut