get app
inews
Aa Read Next : Atlet Lempar Lembing Sumbang Medali Perak untuk Papua Selatan

20 Atlet Papua Selatan Siap Ikuti Pekan Paralimpik Nasional  XVII di Kota Solo Jawa Tengah

Jum'at, 06 September 2024 | 00:42 WIB
header img
Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan Soleman Jambormias. (FOTO : iNewsSorong.id - SYL)

 

 

MERAUKE, iNewsSorong.id - 20 atlet dari Papua Selatan akan mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang berlangsung dari 6 hingga 13 Oktober 2024. Para atlet ini sedang mengikuti Training Center (TC) terpusat di Hotel Akad, Jalan Prajurit Merauke, sejak 3 hingga 24 September 2024.

Dalam Paralimpik XVII di Kota Solo, 20 atlet Peparnas Papua Selatan ini akan turun dalam 14 cabang olah raga yang diikuti dari 38 provinsi di indonesia.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan Soleman Jambormias mengungkapkan, Peparnas adalah ajang olahraga khusus untuk atlet dengan disabilitas dan merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan perlakuan setara kepada semua warga negara.

“ Biasanya, Peparnas diselenggarakan setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) dengan tuan rumah yang sama, namun pada tahun 2024 kedua acara ini dipisahkan karena jarak yang terlalu jauh bagi atlet disabilitas,”jelas Jambormias.

Lebih lanjut Jamborbias mengatakan, Pemerintah Papua Selatan melalui Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif telah menganggarkan dana sebesar Rp 5 miliar  untuk mendukung suksesnya Peparnas XVII 2024.

Sebelumnya, pada Peparnas XVI 2021 di Papua, 7 atlet dari Papua Selatan berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu. Diharapkan pada Peparnas XVII 2024, para atlet ini dapat kembali meraih medali dan mengharumkan nama Papua Selatan di tingkat nasional.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut