get app
inews
Aa Read Next : Proses Pemilu di Raja Ampat Dianggap Cacat Hukum, Massa Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu

Dorong Program Penghijauan Sejak Dini, Polres Raja Ampat Tanam 1000 Pohon

Rabu, 23 Agustus 2023 | 10:51 WIB
header img
Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran (tengah) saat menanam pohon dalam rangka aksi penghijauan seribu pohon di lingkungan Polres Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id - ABHI MACAP)

WAISAI,iNewsSorong.id-Polres Raja Ampat ikut terlibat menyukseskan program penghijauan sejak dini,  dengan menanam ribuan bibit pohon di wilayah hukum Polres Raja Ampat, Rabu (23/8/2023).

Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran usai kegiatan penanaman pohon di halaman Mapolres Raja Ampat mengatakan bahwa, kegiatan penanaman pohon ini merupakan perintah dari Markas Besar (Mabes) Polri.

"Kegiatan ini merupakan perintah Kapolri, di mana beliau (Kapolri), juga saat ini bergabung dengan Negara-negara Luar menanam pohon di Lombok (NTT). Sehingga Polda dan Polres juga melakukan kegiatan imbangan," ungkap Edwin.

Edwin menyebutkan dalam kegiatan tersebut, jajaran Polres Raja Ampat menanam kurang lebih 1000 Pohon, yang tersebar mulai dari halaman Polres, Polsek dan Sub Sektor di Wilayah Raja Ampat, Papua Barat Daya.

"1000 anakan pohon tersebut akan ditanam secara berjenjang. Untuk tahap awal ini, terdapat 150 Pohon yang ditanam di halaman Mapolres dan Mako Brimob.Selanjutnya, anakan pohon lainnya akan disebarkan, dan akan ditanam di setiap Polsek dan Sub Sektor di Raja Ampat,"ujarnya. 

Terkait jenis bibit pohon yang ditanam, Kapolres menyebutkan ada beberapa jenis, yakni pohon rambutan, mangga dan bakau. Bibit anakan pohon ini disesuaikan dengan karakteristik wilayah Raja Ampat. Lelaki jebolan Akpol itu, 
juga memastikan bahwa bibit pohon yang ditanam adalah bibit-bibit pohon yang produktif.

Terkait dengan Aksi Penghijauan Sejak Dini tersebut, Kapolres Edwin berharap menjadi satu upaya untuk melestarikan Bumi, tetap indah dan bermanfaat bagi seluruh mahluk.

Sementara Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Mansyur Syahdan memberikan apresiasi atas program penanaman anakan pohon yang dilakukan Polres Raja Ampat.


Asisten I Setda Kabupaten Raja Ampat, Bidang Pemerintahan Mansyur Syahdan saat menanam pohon dalam aksi program penghijauan di Mapolres Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id-ABHI MACAP)

 

Kata Mansyur, keberadaan Raja Ampat persis di Garis Khatulistiwa. Selain itu secara geografis wilayah, Raja Ampat merupakan wilayah kepulauan yang memiliki tingkat panas yang luar biasa.

"Oleh karena itu, kami menyampaikan terimakasih kepada Polres Raja Ampat atas kegiatan penghijauan ini. Harapan kami, kegiatan seperti ini harus intens dilakukan," tandasnya.

Aksi penanaman pohon ini, juga melibatkan Pemerintah Daerah Raja Ampat, DPRK, Posal TNI AL Waisai, dan Kodim 1805/Raja Ampat

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut