get app
inews
Aa Read Next : Kodam Cenderawasih Telusuri Kebenaran Video Viral Penyiksaan Warga Sipil di Papua

Teror Bom ke Wartawan di Papua, Bukti Intimidasi terhadap Pers di Bumi Cenderawasih Semakin Subur

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:58 WIB
header img
Koordinator IJTI Wilayah Maluku - Papua, Chanry Suripatty ungkap soal intimidasi terhadap insan pers (FOTO: ISTIMEWA)

Sebelumnya diberitakan, orang tak dikenal melakukan aksi teror bom di sekitar rumah jurnalis senior Papua Victor Mambor, pada Senin (23/1/2023). Ledakan bom terjadi sekitar pukul 04.00 WIT. 

Kepada wartawan, Victor Mambor mengungkapkan,  bom rakitan meledak di pinggiran jalan yang berjarak hanya sekitar tiga meter dari dinding rumahnya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. 

" Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT," ungkap Victor Mambor. 

Victor menuturkan, saat peristiwa tersebut terjadi, dirinya saat itu belum  beristirahat. Dia sempat mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya sebelum terjadi ledakan. 

" Tak lama kemudian pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan,"ujar Victor Mambor. 

Menurutnya bunyi ledakan tersebut tidak hanya mengagetkan dia dan keluarganya namun juga sejumlah warga setempat. Warga sempat keluar rumah untuk memeriksa sumber ledakan. 

" Awalnya saya kira sumber ledakan dari gardu listrik yang meledak," ujarnya. 

Saat ledakan, menurut penerima Uddin Award 2022 itu dinding rumah nya sempat bergetar seperti terjadi gempa bumi. Dia sempat mencium bau belerang usai ledakan dari samping rumahnya. 

"Saat terjadi ledakan, dinding rumah bergetar seperti terjadi gempa bumi. Saya pun memeriksa sumber ledakan dan tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah. Teryata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah, " ungkap Victor Mambor.

Dari bukti rekaman CCTV, menurut jurnalis yang getol menyuarakan ketidakadilan rakyat Papua tersebut, terlihat sekilas sebuah motor Honda melintas di samping rumahnya sebelum ledakan terjadi. 

Atas peristiwa keji ini, Victor telah melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepolisian Polresta Jayapura Kota. Pihak Kepolisian yang menerima laporan tersebut langsung bergerak melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Polisi juga telah meminta keterangan dari Victor Mambor dan mengamankan sejumlah barang bukti dari lokasi kejadian. 

" Yang diamankan sejumlah barang bukti, berupa sumbu dan material lainnya sisa ledakan bom. Nantinya barang bukti tersebut akan diuji pada labforensik" ungkap AKP Oscar. 

 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut