get app
inews
Aa Read Next : Kodam Cenderawasih Telusuri Kebenaran Video Viral Penyiksaan Warga Sipil di Papua

Teror Bom ke Wartawan di Papua, Bukti Intimidasi terhadap Pers di Bumi Cenderawasih Semakin Subur

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:58 WIB
header img
Koordinator IJTI Wilayah Maluku - Papua, Chanry Suripatty ungkap soal intimidasi terhadap insan pers (FOTO: ISTIMEWA)

Menurut Chanry, cara - cara biadab yang dilakukan oleh para pelaku ini seharusnya tidak boleh terjadi, jika semua pihak memahami dan menghormati kerja-kerja jurnalis. 

Tentunya dalam menjalankan tugasnya Jurnalis tentu telah menjalankan misi Pers nasional melaksanakan peranannya untuk memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui,menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan Hak Asasi Manusia, serta menghormat kebhinekaan. 

" mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar, melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum,  memperjuangkan keadilan dan kebenaran sebagaimana diatur pada Pasal 6, UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,"jelasnya. 

Jika ada yang keberatan terkait pemberitaan dari media yang ditulis oleh jurnalis, mereka mempunyai hak untuk menyampaikan hak jawab. Namun yang terjadi justru sebaliknya aksi teror dan intimidasi terhadap jurnalis yang justru kerap terjadi.

Terkait hal tersebut, Chanry berharap pihak Kepolisian di Kota Jayapura untuk dapat segera mengungkap kasus teror terhadap jurnalis senior Victor Mambor dapat segera di ungkap oleh pihak Kepolisian. 

" Ya saya walaupun pesimis yah kasus ini dapat diungkap secara terang benderang, namun saya masih menaruhnya harapan kepada polisi untuk dapat mengungkap kasus tersebut dan menangkap para pelaku. Karena kejadian yang dialami oleh rekan seprofesi kami, Victor Mambor ini bukan baru sekali terjadi,"ujar Chanry. 

Terkait peristiwa teror dan intimidasi terhadap Victor Mambor, Chanry mengimbau kepada seluruh pekerja pers di tanah Papua untuk tetap semangat dan tetap menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik di tanah Papua. 

" Tetap semangat untuk rekan-rekan seprofesi. Tetap jaga keselamatan kita semua.Terus bekerja secara profesional untuk memberitakan kebenaran yang terjadi di tanah Papua. 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut