get app
inews
Aa Read Next : Proses Pemilu di Raja Ampat Dianggap Cacat Hukum, Massa Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu

Kado Akhir Tahun, Puluhan Personel Polres Raja Ampat Naik Pangkat

Senin, 02 Januari 2023 | 03:50 WIB
header img
Sejumlah personel Polres Raja Ampat menceburkan diri ke laut usai Korps Raport kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi di Pantai WTC, Sabtu (31/12/2022). (FOTO: iNewsSorong.id/Herry Wibawa)

WAISAI, iNewsSorong.id - Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, S.I.K,.M.I.K. memimpin upacara Korps  Raport kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terhadap 46 termasuk Perwira dan Bintara terhitung mulai tertanggal 1 Januari 2023 berlansung dipantai WTC, Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (31/12/2022). 

Korps raport kenaikan pangkat tersebut merupakan kado akhir tahun bagi puluhan personel Polri di Jajaran Polres Raja Ampat. Dimana total sebanyak 46 orang personil yang terdiri dari pangkat IPTU ke AKP dua orang, dari IPDA ke IPTU tiga orang. Lalu dari AIPDA ke AIPTU tiga orang, berikutnya, dari BRIPKA ke AIPDA lima orang, dari BRIGADIR ke BRIPKA dua puluh enam orang. Kemudian, dari BRIPTU ke BRIGADIR satu orang, dan dari BRIPDA menjadi BRIPTU sebanyak enam orang personil. 


Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran, S.I.K,.M.I.K memimpin upacara Korps Raport kenaikan pangkat Perwira dan Bintara di Pantai WTC, Kota Waisai, Raja Ampat, Sabtu (31/12/2022).(FOTO: iNewsSorong.id/HERRY WIBAWA)

 

Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, dalam amanatnya ketika memimpin upacara korps raport kenaikan pangkat perwira dan Bintara di Pantai WTC, Sabtu (31/12/2022) mengungkapkan, kenaikan pangkat bagi anggota Polri merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan dalam meniti karir dilingkungan Polri, hal tersebut kata dia juga wujud pembinaan Polri dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di tubuh Polri khususnya di Lingkungan Polres Raja Ampat, Polda Papua Barat.

"Hendaknya pangkat ini dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kinerja dengan selalu menjaga nama baik kesatuan melalui perilaku yang humanis, tegas dan profesional dalam setiap pelaksanaan tugas," ujarnya.

Lanjut Kapolres, kenaikan pangkat bukanlah suatu hak, namun kenaikan pangkat adalah suatu prestasi kerja yang telah melalui proses seleksi baik itu, penilaian kinerja serta penilaian pimpinan kepada mereka (Personil) yang telah teruji kualitas dan kemampuanya dalam mengemban tugas dan kewajiban yang diberikan.


Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran saat memberikan ucapan selamat bagi personel Polri yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi usai Korps Raport di Pantai WTC, Sabtu (31/12/2022). (FOTO: iNewsSorong.id/Herry Wibawa)

 

Disamping itu sambung Kapolres, kenaikan pangkat adalah salah satu wujud penghargaan atas jerih payah yang dilakukan personel Polri selama ini.

Menyikapi hal tersebut, maka setiap anggota Polri berpeluang untuk berprestasi guna meraih pangkat yang setingi-tinginya.

"Nah, bagi para anggota yang belum meraih pangkat sebagaimana yang telah melaporkan kenaikan pangkatnya hari ini, hendaknya juga termotivasi dan terpacu untuk segera meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri, sehingga dapat memenuhi tuntutan akan kualitas sesuai pangkatnya masing-masing," ungkapnya.

Kapolres mengaku, tugas - tugas Polri kedepannya akan semakin berat dan banyak tantangannya, karenanya Polri bukan hanya ingin dicintai masyarakat. 
Namun, juga dipercaya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan sehingga peran Polri dapat dirasakan lansung oleh masyarakat.

"Polri juga bertekad dan berupaya agar mampu berada didepan dalam mengantisipasi dan menangani berbagai permasalahan keamanan dalam negeri. 
Oleh karenanya, dalam upaya merealisasikan tekad tersebut maka kita perlu mengembangkan kreatifitas, inovasi dan inisiatif sebagai langkah percepatan, yaitu dengan melakukan berbagai terobosan serta kiat-kiat dalam bidang pembinaan maupun bidang operasional," tegasnya.


Sejumlah personel Polres Raja Ampat menceburkan diri ke laut usai Korps Raport kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi di Pantai WTC, Sabtu (31/12/2022). (FOTO: iNewsSorong.id/Herry Wibawa)

 

Untuk itu, kepada seluruh personel Polri yang telah naik pangkat kali ini, menurut Kapolres, agar kiranya dapat lebih meningkatkan kinerja dalam institusi Kepolisian. 

" Kepada saudara-saudara yang telah dinaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya, semoga kenaikan pangkat ini akan lebih memantapkan tekad, dedikasi, loyalitas dan prestasi dalam pelaksanaan tugas kepada Negara, dan Bangsa," harap Kapolres. 


"Tidak lupa juga saya (Kapolres) sampaikan selamat kepada keluarga masing-masing, mudah-mudahan anugerah ini dapat  menambah kebahagiaan bagi segenap keluarga," pungkasnya. 

Pantauan iNewsSorong.id, setelah memimpin upacara Korps Rapor kenaikan pangkat, selanjutnya Kapolres Edwin bersama beberapa perwira dan bintara lainnya memberikan ucapan selamat kepada para personel Perwira dan Bintara bersama Istri masing-masing beserta keluarga dan anak-anak yang ikut menyaksikan upacara korps raport. 


Sejumlah personel Polres Raja Ampat menceburkan diri ke laut usai Korps Raport kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi di Pantai WTC, Sabtu (31/12/2022). (FOTO: iNewsSorong.id/Herry Wibawa)

 

Ada hal yang unik dalam Korps Rapor kenaikan pangkat personel Polri di jajaran Polres Raja Ampat kali ini, dimana usai pelaksanaan kegiatan. Para personel yang menerima kenaikan pangkat langsung menceburkan diri masing-masing ke laut di perairan depan  kawasan Pantai WTC. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari sebuah tradisi atau terlebih utama mengungkapkan rasa syukur dan bahagia, setelah menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut