get app
inews
Aa Read Next : KRI Mata Bongsang-873 Dikerahkan Bantu Tangani Laka Laut Kapal Berbendera Inggris di Raja Ampat

Laguna Wayag Raja Ampat Jadi Lokasi Pembesaran Pari Manta Pertama di Dunia

Senin, 07 November 2022 | 01:57 WIB
header img
Aktivitas pari manta di perairan Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id)

SORONG, iNewsSorong.id - Laguna Wayag yang terletak di Distrik Waigeo Barat Daratan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diumumkan sebagai lokasi pengasuhan atau pembesaran pari manta pertama di dunia setelah terkonfirmasi secara ilmiah. 


Gugusan kepulauan pulau Wayag, Distrik Waigeo Barat Daratan, Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Pengumuman tersebut diumumkan dalam Seminar Internasional Seberapa Efektif Pengelolaan Kawasan Konservasi dan Wisata Pari Manta yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Republik Indonesia di Jakarta, Oktober 2022. 


Gugusan pulau karang kepulauan Wayag, Distrik Waigeo Barat Daratan Kabupaten Raja Ampat (FOTO: CHANRY ANDREW)

 

Kepala Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD) Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, Safri mengatakan bahwa hal tersebut menambah daftar panjang keberhasilan Provinsi Papua Barat melalui Dinas Kelautan Perikanan dalam hal ini BLUD UPTD Pengelola Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat yang selama ini mengelola Kawasan konservasi berbasis masyarakat.


Aktivitas pari manta di perairan Raja Ampat Papua Barat (FOTO: iNewsSorong.id /HO - REEF CHECK INDONESIA)

 

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Prof Charlie Danny Heatubun menyampaikan terima kasih untuk semua dukungan pemerintah pusat maupun masyarakat sehingga provinsi mampu melaksanakan konservasi bagi perekonomian masyarakat dan masa depan daerah.

Ia memberikan apresiasi pula kepada masyarakat adat dan seluruh lembaga konservasi yang fokus untuk wilayah Raja Ampat sehingga bisa menjadi terkenal di mata dunia.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Inspektur Jenderal Pol Drs. Victor Gustaaf Manoppo melalui keterangan terpisah mengatakan, populasi Manta Karang di Raja Ampat bertumbuh sekitar delapan persen pertahun sejak 2009.


Aktifitas Pari Manta di perairan Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id/HO - REEF CHECK INDONESIA)

 

Disebutkan bahwa hal itu merupakan populasi Manta pertama dan satu-satunya di seluruh dunia yang dilaporkan tumbuh dan berkembang dengan cepat dan baik.

Keberhasilan pengelolaan Kawasan konservasi di Perairan Kepulauan Raja Ampat dan Laut Sekitarnya yang dikelola DKP Provinsi Papua Barat melalui BLUD UPTD telah terbukti memberikan manfaat baik bagi pelestarian keanekaragaman hayati laut maupun peningkatan mata pencaharian masyarakat di sekitarnya.

"Keberhasilan ini menjadi kado istimewa untuk Provinsi Papua Barat yang kini berusia 23 sebagai provinsi konservasi di Indonesia," terangnya.

Pulau Wayag sendiri merupakan salah satu serpihan surga di bumi Indonesia.  Pulau ini merupakan ikon wisata pulau bahari Kabupaten Raja Ampat.


Gugusan indah pulau karang di kepulauan Wayag Distrik Waigeo Barat Daratan Kabupaten Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Pulau Wayag juga merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia dengan panorama keindahaan bawah lautnya. 

Pulau Wayag masuk wilayah adat suku Kawei yang mendiami kampung Selpei, distrik Waigeo Barat Daratan, Raja Ampat. 


Gugusan kepulauan pulau Wayag, Distrik Waigeo Barat Daratan, Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Keindahan pulau Wayag tak hanya tentang keindahan bawah lautnya saja melainkan juga keindahan panorama alam gugusan pulau-pulau karts terjal berbentuk seperti cendawan yang bermunculan dari bawah laut. Selain itu Panorama hamparan pantai pasir putih pulau Wayag dengan gugusan-gugusan pulau karang yang indah menjadikan pulau Wayag sebagai surga kecil yang jatuh ke Bumi. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut