Reel Reality: Film Indonesia Satu Tungku Tiga Batu Menyoroti Harmoni Budaya

ANDREW CHAN
Bangga, Film Satu Tungku Tiga Batu telah berhasil masuk dalam dua nominasi bergengsi di Around International Film Festival (ARFF) Amsterdam 2024.(FOTO : IST)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Film Satu Tungku Tiga Batu telah berhasil masuk dalam dua nominasi bergengsi di Around International Film Festival (ARFF) Amsterdam 2024, yakni Best Feature Film dan Best Director. Film ini disutradarai oleh Ilham Aco Bachtiar dan diproduseri oleh Pieter Ell, yang juga dikenal sebagai pengacara sekaligus aktor.

Film ini menyoroti keberagaman dan moderasi beragama di Fakfak, Papua Barat, yang dikenal sebagai kota dengan toleransi tinggi di mana masyarakat dari berbagai agama hidup berdampingan secara damai.

Pieter Ell menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian film ini di kancah internasional. Ia menekankan bahwa film ini merupakan gambaran nyata tentang bagaimana keberagaman dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di Kabupaten Fakfak, yang menjadi model harmoni sosial di Indonesia. Ia berharap film ini dapat menjadi contoh bagi upaya untuk memperkuat persatuan dalam keberagaman di Indonesia.

Pieter Ell mengungkapkan bahwa, keunikan film Satu Tungku Tiga Batu terletak pada pendekatan naturalnya yang memotret kehidupan nyata masyarakat Fakfak. Sebagian besar pemain dalam film ini adalah aktor dan aktris lokal, yang menunjukkan bakat luar biasa dari wilayah tersebut. Pieter Ell juga berperan dalam film ini sebagai seorang pendeta, menambah dimensi lokal yang kuat pada produksi ini.

Dalam ajang ARFF Amsterdam 2024, Satu Tungku Tiga Batu akan bersaing dengan film-film lain seperti Stroke of Hope, Money Game, #Lovemyselfie, Pick Up, dan I-21. Ilham Aco Bachtiar sebagai sutradara akan berkompetisi dengan nama-nama lain seperti Alexander Franskevich-Leie dan Julian Lowenthal.

Film ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang memuji pesan keberagaman yang kuat, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menyoroti promosi budaya dan pariwisata Indonesia melalui film ini.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network