get app
inews
Aa Read Next : IJTI Sayangkan Aksi Arogan Oknum Polisi Terhadap 4 Wartawan di Nabire, Minta KKJ DP Turun Tangan

Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis Televisi, IJTI dan Dewan Pers Akan Gelar UKJ TV di Sorong

Selasa, 18 Juli 2023 | 17:35 WIB
header img
Koorwil IJTI Maluku - Papua, Chanry Suripatty. (FOTO iNewsSorong.id)

SORONG, iNewsSorong.id - Ikatan Jurnalis Tv Indonesia (IJTI) dan Dewan Pers akan menggelar Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJ Tv) yang dipusatkan di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. 

Koordinator Wilayah (Koorwil) IJTI, Maluku - Papua, Chanry Suripatty yang ditemui wartawan di Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (18/7/2023) mengungkapkan pelaksanaan UKJ Tv rencananya akan digelar pada bulan Agustus 2023 mendatang yang didahului dengan Pra UKJ pada akhir bulan Juli 2023. Dimana menurut Chanry peserta yang akan mengikuti kegiatan UKJ Tv tersebut dikuti oleh 15 orang Jurnalis Televisi yang bertugas di wilayah Tanah Papua. 

" Rencananya untuk UKJ Tv sendiri, Insya Allah akan digelar pada awal bulan Agustus 2023 mendatang, namun dari jauh-jauh hari telah kami lakukan persiapan untuk kegiatan tersebut. Sebelum pelaksanaan UKJ akan didahului dengan Pra UKJ yang akan digelar oleh IJTI Pusat dan Dewan Pers melalui zoom meeting. Namun untuk UKJ Tv sendiri akan digelar secara tatap muka di laksanakan di kota Sorong. Sebanyak 15 orang yang lolos verifikasi telah dilaporkan hasilnya ke Pengurus IJTI Pusat untuk segera di daftarkan di Dewan Pers," ungkap Jurnalis Televisi Swasta Nasional tersebut. 

Menurut Chanry yang juga Ketua IJTI Pengda Papua Barat - Papua Barat Daya ini mengaku antusiasme para Jurnalis Tv untuk mengikuti UKJ Tv sangat tinggi. Namun dikarenakan Kouta yang disediakan oleh Dewan Pers hanya sebanyak 15 orang maka calon peserta yang dianggap memenuhi persyaratan untuk mengikuti UKJ yang telah didaftarkan ke Dewan Pers. 

" Peminat untuk UKJ Tv sangat tinggi, namun kuota yang disediakan oleh Dewan Pers hanya 15 orang. Dan dari puluhan calon peserta yang bisa didaftarkan hanya 15 orang," ungkap Chanry. 


Terkait UKJTV tersebut menurut Chanry mengacu pada 11 (sebelas) elemen kompetensi yang 
dikeluarkan Dewan Pers, namun disesuaikan dengan profesi basis di 
newsroom, yakni; reporter, juru kamera dan editor visual.

"  Sementara jenjang kompetensinya tetap sesuai pembagian menurut Dewan Pers, 
yaitu; Jurnalis muda, Madya dan Utama.
Pedoman uji ini dinilai sudah mendekati kebutuhan dan kondisi 
riil di newsroom TV," ujar Chanry. 

Untuk itu Chanry meminta kepada para calon peserta untuk dapat mempersiapkan diri guna menghadapi UKJ Tv yang rencananya digelar pada awal bulan Agustus 2023 mendatang. 

" Materi persiapan UKJ sudah kami berikan, untuk itu rekan-rekan yang telah di daftarkan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Intinya bukan soal nanti lulus UKJ saja. Namun pada intinya setelah dinilai berkompeten maka jurnalis TV dapat bekerja secara profesional dan sesuai aturan yang berlaku,"tandas Chanry. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut