get app
inews
Aa Read Next : Berjiwa Besar, Kapolda PB Minta Maaf, Walau Sejumlah Pos Polisi Dirusak Oknum TNI AL

Satgas Ops Petik Bintang Polda PB Berhasil Pulangkan Pengungsi Paska Konflik Bersenjata di Maybrat

Sabtu, 15 April 2023 | 09:48 WIB
header img
Warga bersama personel Polri Polda Papua Barat melakukan Foto bersama usai pemulangan pengungsi ke kampung halaman yang difasilitasi Satgas Ops Petik Bintang (FOTO: ISTIMEWA)

MAYBRAT-PBD, iNewsSorong.id - Satgas Operasi Petik Bintang Polda Papua Barat yang dipimpin Ka Opsda Operasi Satgas Petik Bintang Kombes Pol Novia Jaya, S.H., M.M. dan Kapolres Maybrat AKBP Glenn Rooi Molle, S.I.K, berhasil memulangkan warga dari lokasi pengungsian ke kampung halaman mereka masing-masing, paska merebaknya konflik bersenjata di wilayah Kabupaten Maybrat. 

Ratusan pengungsi tersebut dipulangkan  ke 2 kampung yakni kampung Kamat dan Ayata distrik Aifat Timur Tengah Kabupaten Maybrat, Kamis (13/04/2023).

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi, dalam keterangan persnya membenarkan bahwa Anggota Operasi Satgas Petik Bintang Polda Papua Barat sedang melaksanakan kegiatan pemulangan pengungsi dikampung kamat dan kampung Ayata Distrik Aifat Timur Tengah Kabupaten Maybrat dengan keadaan aman, baik dan selamat.

Menurut Kombes Pol Adam, pemulangan pengungsi ke dua kampung di wilayah kabupaten Maybrat tersebut dilaksanakan oleh Satgas Ops Petik Bintang Polda Papua Barat atas keinginan masyakarat setempat yang telah menanti sejak 1 tahun 8 bulan untuk pulang ke kampung mereka.

" Kegiatan pemulangan pengungsi ke kampung Kamat dan Ayata  tersebut dilakukan untuk membantu keinginan masyarakat pengungsian yang selama ini mereka harapkan untuk bisa balik ke kampung mereka yang sudah 1 tahun 8 bulan lamanya ditinggalkan akibat kejadian penyerangan oleh Kelompok  KKB didaerah Maybrat dan Bintuni," ungkap Kabid Humas dalam siaran persnya yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Kamis (13/4/2023). 

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Kampung Aifat Timur Raya, Kabupaten Maybrat, Zakheus Momao  menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah membantu seluruh proses pemulangan para pengungsi ke kampung halaman masing-masing dan memberikan jaminan keamanan kepada warga masyakarat. 

"kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Kepolisian dan Kapolda Papua barat yang telah mengirimkan Anggota Ops Petik Bintang di daerah Maybart sehingga telah memberikan jaminan keamanan kepada warga masyarakat Aifat Timur Tengah, dan pada hari ini kami memberanikan diri, kami datang untuk kembali ke kampung kami dalam keadaan aman, baik, selamat," ungkap Zakheus Momao. 


Zakheus Momao yang juga merupakan pejabat pada Pemkab Maybrat menyampaikan dengan adanya jaminan keamanan dari pihak Kepolisian Polda Papua Barat tersebut maka dirinya akan mengajak masyarakat lainnya untuk kembali ke kampung masing-masing,  karena salah satu akses jembatan yang rusak telah diperbaiki oleh Anggota Satgas Ops Petik Bintang Polda Papua Barat. 

Ditempat yang sama, Ka Opsda Operasi Satgas Petik Bintang Kombes Pol Novia Jaya, S.H., M.M. mengatakan, tujuan operasi ini untuk memulangkan pengungsi ke kampungnya masing-masing, upaya  pemulangan pengungsi ini dilaksanakan secara bertahap dengan memperbaiki jembatan yang sudah dirusak oleh kelompok KKB.

"  kami dari Satgas Ops Petik Bintang ini juga telah membangun Pos Pengamanan dikampung Ayata dan inilah wujud negara hadir ditengah-tengah masyarakat agar masyarakat tidak ketakutan dan bisa beraktifitas kembali, hari ini juga kami telah memulangkan pengungsi di 2 kampung sejumlah 26 orang, 10 orang dikampung Kamat dan 16 orang dikampung Ayata," bebernya. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut