Logo Network
Network

Admiral Inspection Tandai Pergantian Pangkoarmada III Sorong

DINA BEATRIX
.
Kamis, 02 Februari 2023 | 00:30 WIB
Admiral Inspection Tandai Pergantian Pangkoarmada III Sorong
Mantan Pangkoarmada III, Laksda TNI Irvansyah bersama Pangkoarmada III yang baru Laksda TNI Agus Hariadi saat bersama di atas KRI KRI Mata Bongsang-873 dalam kegiatan Admiral Inspection yang merupakan rangkaian Sertijab Pangkoarmada III (FOTO : ISTIMEWA)

SORONG, iNewsSorong.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Koarmada III Sorong menggelar Admiral Inspection Senin (30/1/2023). Admiral Inspection tersebut digelar dalam rangkaian serah terima jabatan (Sertijab) Pangkoarmada III dari Laksda TNI Irvansyah kepada Laksamana Muda TNI Agus Hariadi. 

Pelaksanaan Admiral inspection tersebut dilaksanakan menggunakan KRI Mata Bongsang-873 dengan rute pelayaran dari Dermaga Lantamal XIV Sorong menuju Dermaga Mako Armada III Katapop, Papua Barat Daya.

Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat dalam keterangan pers yang diterima Redaksi iNewsSorong.id mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL. 


" Tradisi tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Sertijab sebelum menyerahkan tongkat komando Pangkoarmada III kepada penggantinya, sekaligus salam perpisahan dari pemimpin lama dan memperkenalkan pemimpin baru.," Jelasnya. 


Setiba di Dermaga Katapop, Pangkoarmada III menerima penghormatan dan parade oleh prajurit ABK KRI serta disambut dengan teriakan semboyan Koarmada III yaitu  " Ghora Wira Madya Jala " dari seluruh prajurit KRI yang dilewati dalam inspeksi tersebut.

Sesaat setelah usai melaksanakan Admiral Inspection, Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi yang baru saja dilantik  menyatakan kesiapannya dan berkomitmen untuk melanjutkan program kerja yang telah dilaksanakan Pangkoarmada sebelumnya, baik dalam bidang pembangunan infrastruktur, sarana prasarana maupun pemenuhan sumber daya manusianya.

" Poin penting yang harus tercapai adalah keberadaan Koarmada III ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat di Papua. Koarmada III siap untuk berbaur dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Agus Hariadi menambahkan bahwa dalam waktu dekat ada beberapa KRI dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang akan dialih binakan untuk memperkuat dan mendukung operasi keamanan laut di wilayah Koarmada III.

Sementara itu, mantan Pangkoarmada III, Laksda TNI Irvansyah memberikan pesan kepada Pangkoarmada III yang baru bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan selama menjabat, seperti pembangunan gedung kantor maupun pemenuhan kebutuhan personil yang baru mencapai sekitar 36 persen.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan acara tradisi lepas sambut Pangkoarmada Ill yang berlangsung dengan hikmad dan penuh haru dimana seluruh personel Koarmada III melaksanakan jajar kehormatan diiringi dengan syair dan lagu dalam melepas dan menyambut Pangkoarmada III. Selamat jalan Laksda TNI Irvansyah, terima kasih atas pengabdian dan dedikasi selama bertugas sebagai Pangkoarmada III Sorong dan selamat datang Laksda TNI Agus Hariadi, selamat bertugas dalam ladang pengabdian yang baru dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perairan Papua Barat Daya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.