get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Sepak Bola U-15 Danrem Cup Resmi Dibuka, Ajang Pengembangan Talenta Muda Papua

Bupati Raja Ampat Buka Turnamen Sepak Bola Piala Raja Ke-Empat

Rabu, 23 November 2022 | 17:47 WIB
header img
Bupati Raja Ampat, secara resmi membuka Turnamen Sepak Bola Piala Raja ke-IV tahun 2022.(FOTO: iNewsSorong.id/HERRY)

WAISAI, iNewsSorong.id - Turnamen Sepak Bola dalam rangka memperebutkan Piala Raja ke - IV yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Raja Ampat, Selasa (22/11/2022) resmi dimulai. 

Turnamen Sepak Bola tahunan ini secara resmi di buka oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati di Stadion Klanafat, Waisai. Pembukaan ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Bupati Raja Ampat bersama Forkominda. 


Bupati Raja Ampat, secara resmi membuka Turnamen Sepak Bola Piala Raja ke-IV tahun 2022.(FOTO: iNewsSorong.id/HERRY)

 

Dalam turnamen bergengsi yang menghadirkan sejumlah bintang sepak bola terkenal  diikuti oleh 20 kesebelasan yang berasal dari wilayah Papua dan Papua Barat, diantaranya Kirime FC Jayapura, Arui FC Kabupaten Fak-Fak, Persiss Sorong Kabupaten Sorong. Sedangkan, Kota Sorong dan Distrik Sorong Kepulauan di ikuti 4 tim terdiri dari, Putra Yohan FC, Safcom FC, Putra Doom FC, dan Rekub FC. 

Sementara tim tuan rumah di ikuti 13 Tim yang tersebar di sejumlah distrik di Wilayah Kabupaten Raja Ampat diantaranya, Kali Raja FC, Kalanafat FC, Purajam FC, Mistim FC, Misbar FC, Pasifik FC, Persefas FC, Family Star FC, Kobeoser FC, Raut FC, BhayangkarA FC, Ombon Das FC, dan Waibar FC.

Dalam sambutannya, Bupati Raja Ampat menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam menyukseskan Turnamen Piala Raja ke-IV yang di gelar hari ini. 

" Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada saudara-saudara, baik itu panitia maupun pengurus, pelatih dan pemain termasuk para sponsor yang ikut berpartisipasi guna menyukseskan ajang kompetisi pada Turnamen Piala Raja ke-empat yang kembali diselenggarakan tahun ini," ungkap Bupati Faris dalam sambutannya. 

Diapun berharap dari  kompetisi ini dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama daerah ke tingkat yang lebih tinggi. 

"Dan untuk mencapai harapan tersebut sudah barang tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak baik panitia, peserta, dan juga peran masyarakat pencinta olahraga, terutama bagi pihak club," harap Bupati. 

Untuk itu,lanjut bupati, perlu adanya kesadaran semua pihak yang mana olahraga dipandang dari aspek psikologis merupakan tanggung jawab bersama, agar sebuah bakat dan minat dapat ditentukan dan di tata untuk disalurkan secara proporsional.

Namun menurut Bupati, kewajiban pembinaan yang demikian bukanlah tanggung jawab pemerintah semata, melainkan harus terwujud dalam bentuk komitmen bersama, antara pemerintah dan semua elemen serta masyarakat pecinta olahraga. 

"Kita tentunya akan merasa bangga, bila salah satu anak Raja Ampat dapat menorehkan prestasi di tingkat nasional atau bahkan internasional," ujar Bupati.


Bupati Raja Ampat, secara resmi membuka Turnamen Sepak Bola Piala Raja ke-IV tahun 2022.(FOTO: iNewsSorong.id/HERRY)

 

Bupati pun mengajak semua pecinta olahraga sepak bola, untuk bersama -smaa menggelorakan semangat berprestasi melalui pembinaan yang intensif dan turnamen yang berkelanjutan.

"Untuk itu bagi semua tim dan official, saya ucapkan selamat mengikuti turnamen ini, bertandinglah dengan bagus dan tunjukan
semua kemampuan, serta junjung tinggi sportivitas, sehingga mendapatkan prestasi terbaik pada turnamen ini," pinta Bupati. 

Sebelumnya Sekretaris Penyelenggara turnamen piala Raja keempat tahun 2022, Herman Soor dalam laporannya menyebutkwn turnamen kali ini bertemakan " Berolahraga sambil berwisata" yang berlangsung sejak resmi dibuka Selasa (22/11/2022) hingga 16 Desember 2022 mendatang, didua lapangan yaitu Stadion Kalanafat Waisai, dan lapangan latihan di Kampung Saonek Ibu Kota Distrik Waigeo Selatan.

"Adapun total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp.465.000.000,-. Selain meraih tropi bergilir, dan tropi lainnya, Juara pertama tim berhak mendaparkan uang pembinaan senilai Rp.250.000.000, diikuti Juara kedua senilai Rp. 100.000.000, dan Juara ketiga bersama Rp. 50.000.000," papar Kadispora Raja Ampat itu.

Pemain terbaik Rp.5. 000.000, Top Score Rp.5. 000.000 dan Tim terbaik  Rp.5. 000.000.

Pantauan media ini, pembukaan turnamen piala raja keempat tahun 2022 dikemas dengan tarian kolosal, ditandai penyerahan piala bergilir oleh Perwakilan Tim official PS Setda Raja Ampat atau nama lainnya " PS Kali Raja " Juara I Piala Raja ketiga Tahun 2019 lalu kepada Bupati AFU seterusnya diserahkan kepada Sekretaris Panitia Penyelenggara Herman Soor, untuk diperebutkan kembali oleh kedua puluh tim yang ikut bertanding.

Dalam pantauan, pembukaan turnamen tersebut ditandai juga, saling mengoper bola oleh Bupati AFU dan Forkopimda Raja Ampat di stadion Kalanafat. Kemudian, tak lupa mengabadikan foto bersama dengan keduapuluh tim. Pembukaan turnamen diakhiri dengan pertandingan eksibisi (Persahabatan) antara tim OLD Start Raja Ampat FC versus tim Farek FC dengan hasil akhir pertandingan keduanya imbang 1 : 1.

Perlu diketahui, pertandingan pembuka turnamen akan berlangsung pada esok hari yang mana mempertemukan tim tuan rumah yakni Misool Barat FC versus tim Pasifik FC di stadion Kalanafat Waisai, Raja Ampat.

Turut dihadiri pada kesempatan itu, Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, Waka Polres Raja Ampat, Kompol Bernadus Okoka, Dandim 1805 Raja Ampat, Letkol Inf Stevie Joan Klots, Danposal Waisai, Kapten Laut (P) Sujiyono, 
Pimpinan dan Anggota DPRK Raja Ampat, Pejabat Eselon II, III dan IV serta Tim Official, sejumlah sponsor serta para penonton di stadion.

 

 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut