get app
inews
Aa Read Next : Kepala Pj Gubernur Papua dan TNI Terluka Kena Lemparan Batu Massa Pengantar Jenazah Luka Enembe

Pembukaan KMAN VI Akan di Awali dengan Pawai Budaya Masyarakat Adat

Senin, 24 Oktober 2022 | 08:44 WIB
header img
Koordinator Dewan Adat Suku kabupaten Jayapura Daniel Toto saat memantau persiapan Pawai Budaya di stadion Stadion Barnabas Yowe, Sabtu (22/10/2022). (Foto : Collins)

SENTANI, iNewsSorong.id - Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke-Enam (KMAN VI) yang akan di mulai Senin 24 Oktober 2022 hingga 30 Oktober 2022 mendatang disatukan dengan momen Hari Kebangkitan Masyarakat adat Kabupaten Jayapura ke - 9 Tahun.

Mengawali prosesi pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara, Masyarakat Adat kabupaten di Jayapura akan mengawalinya dengan pawai budaya, dimana pawai budaya ini akan melibatkan semua suku-suku yang ada di kabupaten Jayapura.

Pawai budaya rencananya akan dilakukan dengan titik star di lapangan Theys Eluay kemudian diarak-arak dengan tarian khas adat istiadat menuju lokasi acara pembuatan Kongres di Stadion Barnabas Yowe Sentani.

" Pelaksanaan pawai budaya yang dimaksud  dilakukan pada Senin 24/20 pagi hari, Peserta dari masing-masing daerah akan di antar ke Lapangan Theys H Eluay, selanjutnya di kawal oleh masing-masing Masyarakat adat di Wilayah Adat yang ada di kabupaten Jayapura menuju Stadion Barnabas Yowe, " beber Koordinator Dewan Adat Suku kabupaten Jayapura Daniel Toto saat  memantau persiapan Pawai Budaya di stadion Stadion Barnabas Yowe, Sabtu 22/10/2022.

Daniel mengatakan bahwa, Semua masyarakat adat akan mengantarkan Peserta dari masing-masing daerah dengan tarian khasnya masing-masing, dan sampai di Stadion Stadion mengikuti prosesi pembukaan Kongres.

Lanjut Ketua DAS Jayapura, saat pembukaan nanti masyarakat adat akan menyaksikan langsung penyerahan Kodefikasi kampung Adat secara resmi oleh negara, penyerahan simbolis sertifikat tanah, dan penyerahan peta hak Ulayat, tuturnya.

​​​​

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut