get app
inews
Aa Read Next : Anak Buah Egianus Kogoya, Ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz di Nabire

Kisah Inspiratif Aiptu Hudiyanto Rada, Polisi di Nabire Papua Buka Jalan Desa 40 Kilometer

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 23:28 WIB
header img
Kisah inspiratif Aiptu Hudiyanto Rada, Kepala Pos Polisi (Kapospol) Yeretuar, Polres Nabire, Polda Papua yang mengabdikan diri membantu warga setempat membuka keterisolasian daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 km.(Foto : Ist)

YERETUAR NABIRE, iNewsSorong.id -  Di saat institusi kepolisian di sorot publik atas banyaknya pelanggaran akibat ulah sejumlah oknum polisi, dan hidup hedonisme yang ditampilkan oknum-oknum polisi tersebut, namun masih banyak polisi di tanah air yang mempunyai integritas dan kapabilitas serta menjadi contoh inspirasi dalam menjalankan tugas mereka.


Kisah inspiratif Aiptu Hudiyanto Rada, Kepala Pos Polisi (Kapospol) Yeretuar, Polres Nabire yang mengabdikan diri membantu warga setempat membuka keterisolasian daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 km.(Foto : Ist)
 

Jauh di ujung timur Indonesia, tepatnya di pesisir Kabupaten Nabire, Provinsi Papua ada cerita heroik seorang anggota Polri dari Polres Nabire. Salah satunya adalah Aiptu Hudiyanto Rada, anggota Polisi Polres Nabire yang mengabadikan dirinya membantu masyarakat membuka keterisolasian daerah di wilayah tugasnya sebagai Kepala Pos Polisi (Kapospol) di kampung Yeretuar distrik Teluk Umar kabupaten Nabire.

Pengabdian kepada masyarakat adat yang ada di daerah terpencil di Papua oleh aparat kepolisian, memang harus dibuktikan dengan dedikasi yang tinggi. Apalagi tanah Papua yang sudah diketahui banyak memiliki daerah yang tingkat kesulitannya tinggi secara geografis.


Kisah inspiratif Aiptu Hudiyanto Rada, Kepala Pos Polisi (Kapospol) Yeretuar, Polres Nabire, Polda Papua yang mengabdikan diri membantu warga setempat membuka keterisolasian daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 km.(Foto : Ist)
 
 

Tidak hanya dengan melaksanakan rutinitas kedinasan dalam menjaga kamtibmas di masyarakat, tetapi tindakan nyata dengan mendedikasikan sesuatu yang kongkrit bagi masyarakat merupakan hal yang patut dilakukan.

Aiptu Hudiyanto Rada  yang sudah 7 tahun mengabdi di kampung Yeretuar distrik Teluk Umar kabupaten Nabire ini, patut menjadi teladan bagi anggota polisi yang lain yang bertugas di daerah tersulit tentunya.

Bagamana tidak?, inisiatif anggota polisi yang tadinya bertugas di kota Nabire ini, dengan berbagai upaya yang dilakukan bersama masyarakat adat setempat, akhirnya ruas jalan sepanjang 40 kilometer itupun terbangun.

Hudiyanto yang ditemui iNews.id menjelaskan tentang inisiatifnya sendiri menolong warga masyarakat yang ada di kampung dan distrik itu. Tak ada sedikitpun bantuan pemerintah untuk membuka keterisolasian daerah di wilayah dia bertugas.

"Tak ada yang membantu kami membuka dan membangun jalan ini. Saya membangun jalan ini bersama masyarakat sudah selama 4 tahun secara swadaya murni. Sepanjang 40 Kilometer jalan ini kami kerjakan.

Saya mengerjakan jalan ini sudah empat tahun. Saya dapat uang sedikit saya beli BBM dan Sewa Operator Eksa melanjutkan pekerjaan jalan, dan alhamdulilah jalannya sudah tembus di kampung Teluk Umar.

Selama ini saya tidak pernah publikasikan kegiatan yang saya lakukan ke media, yaitu dalam membangun kampung di mana saya sekarang bertugas," ungkap Rada menceritakan perjalanan tugasnya di wilayah yang hanya bisa ditempuh dengan menggunakan jalur laut itu.


Kisah inspiratif Aiptu Hudiyanto Rada, Kepala Pos Polisi (Kapospol) Yeretuar, Polres Nabire, Polda Papua yang mengabdikan diri membantu warga setempat membuka keterisolasian daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 km.(Foto : Ist)
 
 

Dengan penuh antusias, Hudiyanto berharap jalan tersebut dapat terus terbangun, demi untuk membuka isolasi yang ada di daerah itu bagi kepentingan khalayak masyarakat adat setempat.

Ketika disinggung soal apakah ada perhatian pemerintah dan hal ikut membantu mengerjakan jalan tersebut, Kapospol menurutkan sekali lagi bahwa jalan itu dibangun murni swadaya, yaitu oleh dirinya sebagai inisiator bersama masyarakat.

"Saya sendiri yang punya inisiatif membuka isolasi yang ada dengan membangun jalan ini, dibantu oleh masyarakat tentunya. Masyarakat jelas sangat antusias dan senang sekali menyambut pembukaan dan pengerjaan jalan ini.

Saya berharap semoga jalan ini dapat kita kerjakan dan perpanjang terus, jika anggarannya mencukupi," ujar Rada memberi harapannya. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut