Logo Network
Network

7 Hacker Indonesia yang Paling Ditakuti Dunia, Nomor 3 Bocah SMP Bikin Amerika Ketar-ketir

Risa Maharani Putri/Ila Nurlaila Sari
.
Kamis, 22 September 2022 | 13:48 WIB
7 Hacker Indonesia yang Paling Ditakuti Dunia, Nomor 3 Bocah SMP Bikin Amerika Ketar-ketir
Kesibukan Putra Aji Adhari, hacker pembobol situs NASA pada 2019 (Foto: BBC)

2. Sultan Haikal

Sultan Haikal bukan lulusan dari sekolah IT, bahkan tidak lulus SMP. Akan tetapi keahlian meretasnya tidak boleh diremehkan. Lelaki kelahiran tahun 1998 ini sudah meretas 4.600 website dan menghasilkan uang hingga miliaran rupiah.

Beberapa website besar yang pernah Sultan retas antara lain tiket.com, PT Global Network, dan situs kepolisian, situs Pemda (pemerintah daerah) dan kementerian.

Akibat aksi peretasan yang dilakukan Sultan, agen perjalanan mengalami kerugian mencapai Rp4,12 miliar. Sementara itu, Sultan malah mendapatkan untung sebesar Rp 1,9 miliar. Uang hasil meretasnya itu dibelikan barang-barang elektronik.

Aksi Sultan ini sempat bikin geger msyarakat Indonesia. Namun berkat kecerdasannya itulah, Sultan Haikal langsung direkrut Polri.

3. Putra Aji


Kesibukan Putra Aji Adhari, hacker pembobol situs NASA pada 2019 (Foto: BBC)

Putra Aji merupakan pemuda kelahiran 1 Februari 2004. Saat masih duduk di bangku SMP, tepatnya di usianya yang ke-15 tahun, Putra Aji berhasil meretas situs Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Itu terjadi pada tahun 2019 lalu.

NASA, yang sedang mengadakan sayembara, berhasil diretas situsnya oleh Putra. Amerika Serikat selaku negara lokasinya NASA pun dibuat ketar-ketir.

Putra mengaku tidak pernah mempelajari ilmu informatika secara formal. Ia bidang ini secara otodidak, mencari sumber dari internet, dan bergabung dengan komunitas white hat hacker.

Sejak aksinya itu viral, Putra mendapat panggilan ke beberapa perusahaan untuk menjaga keamanan siber. Bahkan salah satu proyek yang ia jalani bernilai hingga puluhan juta rupiah.

Saat ini dirinya telah dipercaya oleh empat perusahaan besar untuk mengelola keamanan agar mencegah terjadinya kebocoran data.

Putra Aji juga merupakan Founder dan CEO dari Sibertrenid. Sibertrenid merupakan perusahaan yang melatih kemampuan seseorang untuk menjadi peretas. Tujuan Putra mendirikan perusahaan tersebut yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keamanan siber. Ia menganggap Indonesia masih kurang dalam dunia keamanan siber.

4. Anggi

Selain Putra Aji, Anggi juga berhasil membuat Amerika Serikat ketar-ketir.

Hacker asal Pekanbaru, Riau yang berhasil membobol akun Coinbase warga AS. Atas aksinya itu, Anggi ditetapkan sebagai buronan oleh Biro Investigasi Federal (FBI). Kemudian Polri berhasil menangkap anggi pada 11 Maret 2022 di kota asalnya.

Anggi diketahui mencoba meretas akun Coinbase Amerika dengan menggunakan metode phising. Pria berusia 25 tahun itu berhasil meraih keuntungan hingga belasan miliar uang digital.

Anggi mulai mendaftar secara online melalui aplikasi Indodex yang dapat diunduh di Appstore pada tahun 2021 lalu. Ia mengaku mempelajari peretasan melalui YouTube. Dengan keahliannya, ia dapat memancing korban melalui aplikasi tersebut. Kemudian, korban berhasil dikelabui dengan trik yang dibuat Anggi. Anggi dikabarkan meraup keuntungan hingga Rp16,5 miliar.

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.