Polisi Kerahkan Ratusan Personil Amankan Aksi Demo Pendukung Paslon AFU-PIET di Kota Sorong

ANDREW CHAN
Personel Kepolisian disiagakan amankan aksi demo pendukung Bapaslon AFU-PIET di Sekretariat KPU dan MRP Papua Barat Daya, Senin (9/9/2024). (FOTO : iNewsSorong.id)

 

SORONG, iNewsSorong.id - Polda Papua Barat bersama Polresta Sorong Kota, melalui Satgas Operasi Mantap Praja (OMP) Mansinam 2024, mengerahkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan aksi demo damai pendukung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Abdul Faris Umlati-Petrus Kasihiuw (AFU-PIET) di Kota Sorong, Papua Barat Daya, yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Senin (9/9/2024). Demo tersebut rencananya akan digelar di Kantor Sekretariat KPU dan MRP Provinsi Papua Barat Daya.

Kasatgas Humas OMP, Kombes Pol. Ongky Isqunawan, menyatakan bahwa pihak Paslon AFU-PIET sudah mengajukan surat izin pelaksanaan aksi demo damai ke Polresta Sorong Kota.

Satgas OMP Polda Papua Barat, yang memback up keamanan di Provinsi Papua Barat Daya, menurut Kombes Ongky, telah menyiapkan personel untuk pengamanan di kantor MRP dan KPU, dengan pembagian tugas yang jelas bagi anggota dan perwira pengendali.

“ Kami dari Satgas OMP Polda Papua Barat yang memback up Papua Barat Daya, dalam hal ini juga telah mempersiapkan personel yang akan melaksanakan pengamanan di kantor MRP dan Kantor KPU. Kita sudah arahkan, dan kita sudah bagi anggota maupun perwira pengendali (Padal),”ungkap Kombes Pol Ongky kepada iNewsSorong.id, Senin (9/9/2024).

Kombes Ongky berharap para peserta demo dapat menjaga situasi tetap kondusif dan mematuhi peraturan tentang tata cara penyampaian pendapat di muka umum. Dengan demikian, aspirasi dapat disampaikan secara efektif tanpa mengganggu masyarakat lain, terutama mengingat aksi ini menggunakan fasilitas umum.

“ Intinya kami harapkan para audiens yang nanti akan melaksanakan aksi demo damai ini dapat menjaga situasi tetap kondusif, menjaga kamtibmas yang baik. Diharapkan mereka juga dapat patuhi  apa yang sudah di cantumkan dalam perundang-undangan tentang tata cara melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum,”ujarnya.

“ Karena ini juga kan berhubungan dengan aktifitas masyarakat lain, karena aksi ini menggunakan tempat umum atau fasilitas umum, jadi kita sama-sama saling menjaga,”tambah Kombes Ongky yang juga merupakan Kabid Humas Polda Papua Barat tersebut.

Lebih lanjut Kombes Ongky mengungkapkan, dalam aksi demo damai tersebut, pihak Kepolisian telah menyiakan ratusan personil pengamanan. Dimana nantinya ratusan personil tersebut akan disebar ke dua lokasi yakni di Kantor Sekretariat KPU dan MRP Papua Barat Daya.

“ Dari total sekitar 895 personel BKO Satgas OMP Papua Barat yang dikerahkan ke Papua Barat Daya, sekitar 200 personel akan bertugas di KPU, sementara 200 lainnya ditempatkan di MRP,”ungkap Kombes Ongky.

Kepada masyarakat umum, polisi mengimbau untuk bersabar dan memahami situasi, terutama jika ada gangguan di sekitar lokasi demo, serta disarankan menggunakan jalur alternatif jika diperlukan. Harapannya, ketertiban umum di Kota Sorong dan sekitarnya dapat tetap terjaga selama aksi berlangsung.

“ Mudah-mudahan kita bisa sama-sama saling menjaga ketertiban umum yang ada di kota Sorong dan sekitarnya,”pungkas Kombes Ongky.

Dari pantauan Jurnalis iNewsSorong.id di lapangan, ratusan aparat kepolisian telah bersiaga di titik-titik yang akan digelar aksi demo pendukung paslon AFU-PIET.

Ratusan massa juga terlihat sedang bersiap-siap di Sekretariat DPD Demokrat Papua Barat Daya untuk melakukan aksi demo damai tersebut.

Demo kali ini dikoordinir oleh tim 17 “ARUS” AFU -PETRUS, yang merupakan Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya.

Aksi demo ini menyikapi keputusan Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat Daya yang tidak meloloskan Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubenur AFU-PETRUS dalam verifikasi factual beberapa waktu lalu.

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network