Terima Penghargaan UHC BPJS dari Wapres RI, Pj Gubernur PBD: Kitorang Kuat Karena Torang Satu

ZADRAK WANGGAI
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad saat memberikan keterangan pers kepada Jurnalis iNewsSorong.id (FOTO: iNewsSorong.id - ZADWAN)

 

SORONG, iNewsSorong.id - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan 2024

Penghargaan ini diberikan dalam acara UHC Awards yang berlangsung di Jakarta, Kamis (8/8/2024). 

Salah satu provinsi yang mendapat penghargaan tersebut yakni Provinsi Papua Barat Daya. 

Penghargaan UHC ini diberikan sebagai wujud nyata suksesnya penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Daerah.

Provinsi Papua Barat Daya menjadi salah satu penerima penghargaan dalam Kategori Utama UHC Award 2024, oleh karena cakupan kepesertaan program JKN ini telah melampaui target yg telah ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024 yaitu 95% dari total jumlah penduduk.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain untuk terus meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan. Melalui penghargaan ini, pemerintah ingin menekankan pentingnya kolaborasi antara pusat dan daerah dalam mewujudkan sistem kesehatan yang inklusif dan merata di seluruh Indonesia.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad kepada Jurnalis iNewsSorong.id mengungkapkan apresiasi atas penghargaan UHC_BPJS yang diberikan bagi Provinsi termuda di Indonesia tersebut. 

" Ini hasil kerja dari Pemerintah Provinsi PBD dalam memberikan pelayanan  kepada masyarakat dibidang kesehatan dan mengharapkan Pimpinan OPD terus menjalankan dan mendukung program-program unggulan PBD seperti program Kitorang Jaga (BPJS tenaga kerja) yang  juga sudah diakui pemerintah pusat," ungkap Musa'ad. 

Lanjut Musa'ad hal ini adalah salah satu wujud nyata kerja sama seluruh stakeholder di wilayah itu dengan motto utama Pemprov Papua Barat Daya,  Kitorang Kuat Karena Torang Satu.

" Sekali lagi selamat untuk Provinsi Papua Barat Daya. Ini adalah salah satu wujud nyata kerja bersama dengan seluruh stakeholder terkait. *KitorangKuatKarenaTorangSatu*," pungkas Musa'ad. 

Dari data yang diterima Redaksi iNewsSorongRaya.id, (iNews Network) cakupan UHC di wilayah Provinsi Papua Barat Daya telah mencapai 98% termasuk seluruh daerah di Provinsi Papua Barat Daya, yakni satu kota dan 5 kabupaten, yaitu Kota Sorong sebesar 91,55%, Kabupaten Sorong 95,75%, serta Kabupaten Raja Ampat. Sementara Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw mencapai tingkat keaktifan peserta di atas 99%. Dengan capaian tersebut, semua daerah di wilayah Provinsi Papua Barat Daya, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Raja Ampat telah berhasil menyandang predikat UHC non cut off. 

Keberhasilan ini mencerminkan sinergi yang solid antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah, serta komitmen untuk terus meningkatkan sistem kesehatan yang lebih baik. 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network