Peduli Generasi Emas Papua, Kapolresta Sorong Kota Rela Seberangi Lautan

DINA BEATRIX
Dukung literasi dan pengembangan SDM generasi emas Papua, Kapolresta Sorong dan jajaran rela melintasi lautan. (FOTO: iNewsSorong.id - DINA BEATRIX).

SORONG, iNewsSorong.id – Sesuai program Polri dengan tema Polri Peduli Literasi dengan mendistribusikan buku bacaan bagi para anak-anak usia dini dan pelajar hingga ke pelosok Nusantara ditindak lanjuti jajaran Polresta Sorong Kota dengan mendistribusikan buku gratis ke sejumlah kawasan terpencil di wilayah hukum Polresta Sorong Kota. 


Ketua Bhayangkari Cabang Polresta Sorong Kota, Ny Tanty Happy Perdana Yudianto saat menyerahkan bantuan berupa buku-buku pelajaran bagi siswa/i PAUD Bethel Doom, Distrik Sorong Kepulauan yang diterima oleh guru PAUD. (FOTO: iNewsSorong.id-DINA BEATRIX)

 

Kegiatan pembagian buku gratis ini di pimpin langsung Kapolresta Sorong Kota, Kombes Pol Happy Perdana Yudianto didampingi Ketua Bhayangkari Cabang  Sorong Kota, Ny Tanty Happy Perdana Yudianto bersama sejumlah personel Polresta Sorong Kota dengan mengunjungi dua kawasan yang terletak di Distrik Sorong Kepulauan, masing-masing di Pulau Doom dan Pulau Raam, Rabu (6/9/2023). 

Ratusan buku gratis yang di distribusikan oleh Polresta Sorong Kota ini merupakan sumbangan sukarela dari personel Polresta diantaranya , buku bacaan anak-anak, buku tulis dan buku-buku pelajaran bagi pelajar dan anak-anak usia dini. 


Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto didampingi Ketua Bhayangkari saat menyerahkan bantuan berupa buku-buku pelajaran bagi para guru PAUD Bethel Doom (FOTO: iNewsSorong.id - DINA BEATRIX)

 

Walaupun harus menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi laut, tak menyurutkan semangat jajaran Kepolisian Polresta Sorong Kota yang dipimpin Kombes Pol Happy Perdana Yudianto untuk mendistribusikan buku - buku gratis tersebut demi kemajuan generasi emas Papua. 

Terlihat sukacita anak-anak PAUD Bethel Doom yang didampingi para guru menyambut kedatangan Kapolresta Sorong dan Ketua Bhayangkari di sekolah mereka. Terlihat raut wajah bahagia anak-anak Paud ini terpancar dari wajah mereka saat buku-buku dibagikan oleh Kapolresta dan istri serta para personel Kepolisian. 


Wajah bahagia siswa PAUD Bethel Doom saat menerima buku pelajaran dari Personil Polresta Sorong Kota (FOTO: iNewsSorong.id - DINA BEATRIX)

 

Kapolresta Sorong Kota, Kombes Pol Happy Perdana Yudianto mengatakan tugas kepolisian tak hanya mengamankan Kamtibmas di wilayah Kota Sorong namun juga mendukung peningkatan SDM bagi anak - anak di wilayah Kota Sorong yang merupakan generasi emas Papua. 

" Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami demi kemajuan generasi emas Papua," ungkap Kapolresta. 

Lebih lanjut Kapolresta kegiatan tersebut merupakan arahan dan program dari pimpinan Polri untuk dukungan Kepolisian terhadap literasi masyarakat khususnya anak-anak.


Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto (FOTO: iNewsSorong.id - DINA BEATRIX)

 

" Pendistribusian buku ini adalah yang pertama kita menindaklanjuti petunjuk daripada pimpinan kami (Kapolda dan Kapolri) terkait untuk dukungan terhadap literasi masyakarat khususnya anak-anak," ujar Kapolresta. 

" Selain itu hal ini juga untuk membiasakan anak-anak kita membaca buku sejak dini. Tujuannya untuk membagikan pengetahuan terhadap warga di (Distrik) Sorong Kepulauan, khusunya anak-anak untuk gemar membaca buku," tambah Kapolresta. 

Menurut Kapolresta kegiatan ini dilaksanakan di beberapa titik di wilayah pesisir Kota Sorong, yang terletak di Distrik Sorong Kepulauan. Dimana buku-buku yang dibagikan sebanyak ratusan buku. 

" Kami tidak hanya di Pulau Doom sini, tapi kita akan ke Pulau Raam dan juga akan membagikan buku di pulau Raam. Karena buku yang kami bawa ini banyak jumlahnya, ratusan buku yah. Dan kita akan bagikan untuk warga di Distrik Sorong Kepulauan ini," bebernya. 

Kapolresta menambahkan, buku-buku yang dibagikan tersebut merupakan swadaya dari seluruh personel Polresta Sorong Kota yang terpanggil untuk mendukung literasi bagi warga. 

" Untuk buku-buku ini kita kumpulkan dari Polresta Sorong Kota, swadaya dari masing-masing anggota. Jadi kemarin kita sama-sama anggota kumpulkan, untuk setiap anggota mengumpulkan satu hingga tiga buku bacaan yah, dan kita hari ini salurkan kepada warga yang membutuhkan atau terutama bagi anak-anak di Sekolahan atau taman bacaan," ungkapnya. 

Menurut Kapolresta kegiatan ini tentunya akan terus dilanjutkan,  khususnya mendukung pengembangan SDM anak-anak generasi emas Papua. 


Seorang personil Polresta Sorong Kota ketika membagikan buku-buku pelajaran bagi siswa/i PAUD Bethel Doom. (FOTO: iNewsSorong.id - DINA BEATRIX)

" Kegiatan ini tentunya merupakan langkah positif yang akan terus kami lanjutkan, semua ini demi kemajuan anak-anak generasi emas di tanah Papua," pungkasnya. 

Aksi mulia personel Polresta Sorong Kota ini semoga menjadi contoh baik bagi pengembangan literasi hingga ke pelosok-pelosok negeri khususnya di wilayah tanah Papua. 

Pemerintah Daerah juga diminta untuk dapat lebih serius menggalakkan budaya literasi hingga ke pelosok negeri. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network