Awal Tahun 2023 Rumah Wartawan Senior di Papua Jadi Sasaran Teror Bom Oleh OTK

CHANRY ANDREW
Polisi saat melakukan olah TKP teror bom di dekat rumah Jurnalis Senior Papua Victor Mambor yang dilakukan oleh OTK (FOTO: iNewsSorong.id)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Aksi dugaan teror dan intimidasi terhadap jurnalis di Papua kembali terjadi di awal tahun 2023. Kali ini rumah jurnalis senior, Victor Mambor di teror bom oleh orang tak di kenal pada Senin (23/1/2023) sekitar pukul 04.00 WIT. 

Bom yang diduga merupakan bom rakitan tersebut diledakkan oleh para pelaku tepat di samping rumah pemimpin umum Media Jubi Jubi tersebut. 

Beruntung dalam peristiwa tersebut Pengurus Majelis Pertimbangan Organisasi Aliansi Jurnalis Independen Indonesia dan keluarga dilaporkan selamat. 

Kepada wartawan, Victor Mambor mengungkapkan,  bom rakitan meledak di pinggiran jalan yang berjarak hanya sekitar tiga meter dari dinding rumahnya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. 

" Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT," ungkap Victor Mambor. 

Victor menuturkan, saat peristiwa tersebut terjadi, dirinya saat itu belum  beristirahat. Dia sempat mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya sebelum terjadi ledakan. 

" Tak lama kemudian pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan,"ujar Victor Mambor. 

Menurutnya bunyi ledakan tersebut tidak hanya mengagetkan dia dan keluarganya namun juga sejumlah warga setempat. Warga sempat keluar rumah untuk memeriksa sumber ledakan. 

" Awalnya saya kira sumber ledakan dari gardu listrik yang meledak," ujarnya. 


Jurnalis Senior Papua Victor Mambor (kaos putih) saat melihat dari dekat lokasi ledakan bom rakitan berjarak 3 meter dari rumahnya. (FOTO: iNewsSorong.id)

 

Saat ledakan, menurut penerima Uddin Award 2022 itu dinding rumah nya sempat bergetar seperti terjadi gempa bumi. Dia sempat mencium bau belerang usai ledakan dari samping rumahnya. 

"Saat terjadi ledakan, dinding rumah bergetar seperti terjadi gempa bumi. Saya pun memeriksa sumber ledakan dan tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah. Teryata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah, " ungkap Victor Mambor.

Dari bukti rekaman CCTV, menurut jurnalis yang getol menyuarakan ketidakadilan rakyat Papua tersebut, terlihat sekilas sebuah motor Honda melintas di samping rumahnya sebelum ledakan terjadi. 

Atas peristiwa keji ini, Victor telah melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepolisian Polresta Jayapura Kota. Pihak Kepolisian yang menerima laporan tersebut langsung bergerak melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Polisi juga telah meminta keterangan dari Victor Mambor dan mengamankan sejumlah barang bukti dari lokasi kejadian. 

" Yang diamankan sejumlah barang bukti, berupa sumbu dan material lainnya sisa ledakan bom. Nantinya barang bukti tersebut akan diuji pada labforensik" ungkap AKP Oscar. 

Dari catatan iNewsSorong.id, Victor Mambor, jurnalis senior di Papua tersebut telah dua kali mengalami serangkaian serangan teror oleh OTK. Aksi teror pertama terhadap pria yang dikenal getol menyuarakan sejumlah pelanggaran HAM di Tanah Papua melalui berita itu terjadi pada tanggal 21 April tahun 2021. Dimana  Mobil Isuzu D-Max (Double Cabin) milik Victor yang diparkir di tepi jalan di samping rumahnya dirusak orang tak dikenal. 


Polisi saat melakukan olah TKP di lokasi kejadian teror bom di dekat rumah Jurnalis Senior Papua Victor Mambor di kawasan angkasa indah, Kota Jayapura (FOTO: iNewsSorong.id)

 

Sayangnya walaupun kasus tersebut telah dilaporkan kepada pihak Kepolisian Polresta Jayapura Kota, namun hingga saat ini pihak Kepolisian belum juga berhasil mengungkap Pelaku dan motif dari peristiwa teror tersebut. 

Diduga aksi teror ini terkait produk jurnalistik yang dihasilkan media Jubi. Dimana Victor Mambor sebagai pemimpin umum perusahaan media Jubi. 

Dalam peristiwa tersebut, Organisasi Pers Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura telah menjalin komunikasi dengan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon agar mengungkap pelaku dan motif dalam kasus ini.

Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon  menyatakan akan menyelidiki pelaku yang terlibat dalam aksi intimidasi terhadap Victor Mambor selaku jurnalis di Papua. 

"Upaya penegakan hukum dalam kasus teror bom di rumah Victor Mambor menjadi atensi kami. Kami telah melaksanakan olah TKP dan akan menyelidiki kasus ini, " tegas Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon di Kota Jayapura.

Editor : Sayied Syech Boften

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network