get app
inews
Aa Read Next : Memanas!!! Ribuan Massa Turun Ke Jalan_Dukung MRP Soal Perlindungan Hak Politik OAP

Peringatan HUT ke-79 RI Provinsi Papua Barat Daya digelar di Situs Bersejarah Pulau Doom

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 21:36 WIB
header img
Puncak peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat provinsi Papua Barat Daya digelar di situs bersejarah pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan, Sabtu (17/8/2024). (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tingkat provinsi Papua Barat Daya digelar di situs bersejarah pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Sabtu (17/8/2024). 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad, dimana pelaksanaan upacara yang digelar di lapangan merdeka pulau Doom ini berlangsung dengan khidmat. 


Puncak peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat provinsi Papua Barat Daya digelar di situs bersejarah pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan, Sabtu (17/8/2024). (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

Dalam sambutannya Penjabat Gubernur Mohammad Musa'ad mengatakan usia Republik Indonesia ke 79 tahun merupakan usia yang dewasa dalam berbangsa dan bernegara untuk itu semua pihak diharapkan dapat memantapkan kebersamaan dan kesatuan selaku bangsa untuk mengisi pembangunan di segala bidang.

“Usia ke 79 adalah usia dewasa dalam berbangsa dan bernegara. Maka bagaimana kita bisa memantapkan kebersamaan dan kesatuan kita selaku bangsa Indonesia,” ucap Mohammad Musa'ad.


Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad. (FOTO : iNewsSorong.id - MEWA).

 

 

Dirinya meminta kepada partisipasi masyarakat dalam mendukung semua program-program pemerintah, sebab segala upaya dan usaha yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Hari ini perdana kita melakukan upacara di Pulau Doom karena tempat ini adalah pemerintahan pertama, sejak jaman Belanda hingga masuk pemerintahan Indonesia, Doom masuk dalam tingkat distrik,” ungkapnya.

Sambung Musa’ad dengan demikian, dirinya bersama jajaran telah bersepakat untuk merevitalisasi pulau Doom sebagai salah satu situs kota tua yang ada diwilayah Papua Barat Daya.

“Kami pemerintah akan memperbaiki lapangan bola, pelabuhan, jalan dan termasuk sarana dan prasarana-prasarana penunjang lainnya,” ungkapnya.


Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad. (FOTO : iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

Tambahnya, melalui momen Agustus ini kegiatan-kegiatan besar lain akan dilakukan di Pulau Doom, agar masyarakat di kota dapat berkunjung sehingga bisa memberi keuntungan.

Usai pelaksanaan upacara HUT RI dilanjutkan dengan penyerahan bantuan program pemerintah yakni program PAITUA kepada para Lansia yang diserahkan oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya.


Para lansia penerima bantuan pemerintah provinsi Papua Barat Daya melalui program PAITUA. (FOTO : iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

Bantuan lainnya juga diserahkan kepada kelompok masyarakat dan pemuda di wilayah itu. Dalam peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat provinsi Papua Barat Daya juga diwarnai sejumlah atraksi diantaranya, Tarian kreasi Papua Yosim Pancar, paduan suara, senam sehat, hingga parade perahu hias motor tempel yang menurunkan 70 unit perahu hias untuk memeriahkan HUT RI di provinsi termuda di Indonesia itu. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut