get app
inews
Aa Read Next : Papua Barat Daya Siap Jadi Lumbung Pangan untuk Program Makanan Bergizi Anak Sekolah

Resmikan Gedung RA Luqman El Hakim di Raja Ampat, Pj Gubernur PBD Dukung Guru P3K di Sekolah Swasta

Senin, 28 Oktober 2024 | 12:43 WIB
header img
Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad saat memberikan sambutan usai meresmikan Gedung Raudhatul Athfal (RA) Luqman El Hakim di Raja Ampat pada Senin (28/10/2024).(FOTO: iNewsSorong.id - AND)

 


WAISAI, iNewsSorong.id – Penjabat Gubernur Papua Barat Daya,  Mohammad Musa’ad yang juga menjabat Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Tanah Papua, meresmikan Gedung Raudhatul Athfal (RA) Luqman El Hakim di Raja Ampat pada Senin (28/10/2024). Acara tersebut bukan hanya peresmian gedung baru, tetapi menjadi momentum penting dalam upaya memperkuat pendidikan di Papua Barat Daya melalui regulasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bagi sekolah swasta.

Dalam sambutannya, Musa’ad menegaskan pentingnya dukungan pemerintah untuk mendukung sekolah-sekolah berbasis yayasan, seperti YAPIS, YPK, dan yayasan keagamaan lainnya. Ia menilai, dengan keberadaan guru P3K di sekolah-sekolah swasta, akses pendidikan di daerah ini dapat lebih optimal karena mampu mendukung tenaga pengajar yang berperan besar dalam membangun kualitas pendidikan anak-anak Papua.

“Penguatan kapasitas guru melalui alokasi P3K di sekolah swasta sangat mendesak. Ini menjadi kunci untuk mewujudkan pendidikan yang merata di Papua Barat Daya,” ujar Musa’ad.

Selain meningkatkan kualitas pendidikan, regulasi P3K juga dapat meringankan beban operasional yayasan yang saat ini banyak mengandalkan guru honorer. 

Selain itu Musa’ad juga menekankan bahwa keberadaan guru P3K di sekolah-sekolah yayasan bukan sekadar kebutuhan institusi pendidikan, tetapi juga komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat SDM Papua Barat Daya.

Ketua YAPIS Raja Ampat, Asri H. Salim, mengungkapkan bahwa 24 dari 43 guru di YAPIS sudah terserap dalam program P3K, dan memberikan dampak positif bagi stabilitas pendidikan di yayasan tersebut.

Acara tersebut turut dihadiri Forkopimda Papua Barat Daya, Pjs. Bupati Raja Ampat, tokoh agama, dan pimpinan organisasi perempuan, menandai sinergi pemerintah dan masyarakat dalam upaya membangun pendidikan di Papua. Dalam kesempatan ini, Ketua YAPIS juga mengungkapkan rencana pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berfokus pada perikanan dan pariwisata, sebagai bagian dari pengembangan tenaga terampil lokal di Raja Ampat.

Dengan peresmian gedung baru ini, YAPIS berharap bisa menghadirkan fasilitas yang lebih layak dan mendukung pembelajaran anak-anak RA yang sebelumnya harus belajar di gedung pinjaman. Pemerintah Kabupaten Raja Ampat pun telah berkomitmen mendukung perkembangan YAPIS sebagai salah satu pusat pendidikan Islam yang memiliki peran strategis bagi masyarakat.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut