get app
inews
Aa Read Next : Gaungkan Semangat Perubahan PBD Lebih Baik, Joppye – Ibrahim Siap Menangkan Pilgub Papua Barat Daya

Dukung Pembangunan Gereja, Jenderal Purnawirawan TNI ini Beli Makanan Khas Papua Rp 30 Juta

Minggu, 16 Juni 2024 | 06:55 WIB
header img
Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau (JOW) hadiri acara makan sumbang, dalam rangka pembangunan gedung gereja katolik di Kota Sorong. Mantan Pangdam Kasuari itu beli makanan khas Papua seharga Rp 30 Juta. (FOTO: IST)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Stasi Santo Yosep Frainademetz, Paroki Santo Arnoldus Janssen Sorong menggelar acara makan sumbangan, Sabtu (15/6/2024). 

Acara makan sumbang ini diselenggarakan dalam rangka mencari penderma berhati ikhlas guna pembangunan gereja setempat. 

Makanan yang disediakan dalam acara makan sumbang ini ialah bakar batu (barapen) dengan menu berupa sayur, daging babi, jagung dan umbi-umbian. 

Acara ini dihadiri oleh Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau, Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat, Pastor Paroki Pater Mathias Alex Ohoilean, SVD serta umat Katolik di Paroki. 

Dalam kesempatan itu, panitia melelang sejumlah makanan lokal yang diolah dengan cara bakar batu. 

Makanan yang sudah dikemas itu kemudian dilelang dengan harga standar Rp2 juta.  Kemudian ditawar dengan harga dari Rp10 juta hingga Rp20 juta. 

Dari ratusan orang yang hadir itu Joppye Onesimus Wayangkau acungkan tangan dan memberikan tawaran Rp30 juta. 

Tawaran dari Wayangkau langsung dikunci panitia dan memberikan bingkisan makanan lokal yang sudah dikemas kepada Wayangkau. 

Bakal Calon (Balon) Gubernur Papua Barat Daya itu mengatakan, kehadiran dirinya di acara makan sumbang itu karena ingin membantu pembangunan gereja. 

"Semoga bantuan sedikit yang kami dermakan ini bisa membantu proses penyelesaian pembangunan gereja ini," katanya. 

Ia mengaku terkesan, karena acara ini dipersembahkan makanan lokal Papua yakni barapen. 

Artinya, acara bernuansa kebudayaan ini merupakan langkah positif dalam menjaga dan melestarikan budaya Papua salah satunya barapen. 

"Ini menarik sekali ya, karena barapen ini salah satu budaya Papua yang selalu ada saat makan bersama begini," ungkapnya. 

Tradisi Bakar Batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua Pegunungan yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung.

Tujuan untuk bersyukur, kelulusan, bersilaturahmi (mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menyambut kebahagiaan seperti kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku), atau untuk mengumpulkan prajurit untuk berperang.

Tradisi Bakar Batu umumnya dilakukan oleh suku pedalaman/pegunungan, seperti di Lembah Baliem, Lanny Jaya, Nduga, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, Tolikara dan Yahukimo 

“Bakar Batu karena benar-benar batu dibakar hingga panas membara, kemudian ditumpuk di atas makanan yang akan dimasak,” tutupnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut