get app
inews
Aa Read Next : Pusat Perubahan Baru: 'Rumah Bersama' Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau Diresmikan

Lintas Suku Merauke di Kota Sorong Dukung JOW Maju Pilgub PBD

Rabu, 12 Juni 2024 | 06:57 WIB
header img
Sekretaris Lintas Suku Merauke di Kota Sorong, Januarius Kinugum. (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Bakal Calon (Balon) Gubernur, Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau (JOW) terus mendapat dukungan untuk maju sebagai calon gubernur papua barat daya, periode 2024-2029. 

Dukungan kali ini datang dari Sekretaris Lintas Suku Merauke di Kota Sorong, Januarius Kinugum. Januarius menilai sosok JOW dinilai mampu menjamin situasi keamanan di provinsi Papua Barat Daya. 

“Kami lintas suku merauke khususnya di kota Sorong akan dukung beliau (Joppye Wayangkau, sebab dinilai mampu menjamin situasi Papua Barat Daya agar tetap aman terkendali,”ungkap Sekretaris Lintas Suku Merauke Kota Sorong Januarius Kinugum, kepada wartawan, Selasa (11/06/2024).

Lanjut Januarius, sosok JOW dinilai merupakan seorang pemimpin yang punya rekam jejak sebagai mantan militer dan terkenal tegas dan berkualitas dan hal itu bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat di Papua Barat Daya.

“Bapak Wayangkau ini latar belakangnya militer, sehingga kami yakin dia bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat. Ini paling penting sebab akhir-akhir ini aksi para begal di ibu kota ini semakin marak,” ungkap, Selasa (11/6/2024).

Maraknya kasus-kasus kriminalitas atau begal di wilayah Provinsi Papua Barat Daya menurut Januarius memerlukan sosok pemimpin seperti JOW yang mempunyai sosok tegas dan berani untuk memberikan rasa aman kepada warganya.

" Pembangunan dan aktivitas masyarakat, itu bisa berjalan dengan baik tentu harus didukung dengan keamanan. Begal ini semacam hama yang merusak lingkungan, sehingga kami lihat bapak Wayangkau sosok tepat,” imbuhnya.

Selain soal keamanan, lanjut Januarius, masalah banjir di wilayah Kota Sorong juga masih menjadi masalah utama yang hingga saat ini belum teratasi. Untuk itu jika JOW terpilih maka persoalan ini wajib diprioritaskan untuk dapat segera diselesaikan. 

“Persoalan ini menjadi tolak ukur bagi masyarakat, supaya bisa memilih pemimpin yang punya strategi mengatasi masalah banjir. Tidak hanya banjir saja, masalah sampah juga harus jadi perhatian bagi pemimpin di Papua Barat Daya. Olehnya kami berharap jika bapak Wayangkau terpilih, tolong perhatikan hal-hal ini,” ujar Januarius.

Januarius juga menyoroti soal pendidikan di wilayah itu. Dimana menurutnya masalah pendidikan ini harus menjadi fokus utama bagi calon pemimpin di Papua Barat Daya pada periode mendatang. 

"' Pemimpin harus memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak Papua, sesuai amanat Undang-undang otonomi khusus. Kami sangat berharap soal pendidikan ini, tolong perhatikan anak-anak Papua supaya kedepan mereka menjadi pemimpin di tanah sendiri,” pungkasnya. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut