get app
inews
Aa Read Next : Lantik Edison Siagian Sebagai Pj Bupati Sorong, Ini Pesan Penting Pj Gubernur PBD

Pemrov PBD Usulkan Tiga Nama Sebagai Pj Bupati Sorong, Salah Satunya Perempuan Asli Papua

Jum'at, 15 Desember 2023 | 20:50 WIB
header img
Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kota Sorong, Jum'at (15/12/2023). (FOTO: iNewsSorong.id)


 

SORONG, iNewsSorong.id - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya secara resmi mengirimkan usulan tiga nama pejabat daerah sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sorong ke Kementerian Dalam Negeri. 

Pengusulan tiga nama pejabat daerah untuk menggantikan Yan Piet Mosso sebagai Pj Bupati Sorong dilakukan mengingat saat ini Yan Piet Mosso tengah menjalani proses hukum di KPK. 

Sebelumnya Pemprov Papua Barat Daya menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Cliff Agus Japsenang sebagai Plh Bupati Sorong. 

" Secara resmi kami telah mengirim tiga nama calon Penjabat Bupati Sorong ke Pemerintah Pusat di Jakarta, Jum'at (15/12/2023)," ungkap Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa'ad usai penyerahan DIPA dan TKD APBN tahun 2024 di Kota Sorong, Jum'at (15/12/2023). 

Lanjut Musa'ad ketiga nama yang diusulkan tersebut masing-masing Kepala Biro Umum Pemprov Papua Barat Daya Etje Eda Doo, Assisten II Setda Papua Barat Daya Suroso dan Sekda Kabupaten Sorong Cliff Agus Japsenang. 

"Tiga nama yang kita sudah kirim ke Kemendagri, pertama Ibu Eda Doo, kemudian yang kedua Pak Sekda Kabupaten Sorong dan ketiga Pak Suroso," beber Musa'ad 

Menurut Musa'ad terkait penetapan Pj Bupati Sorong pihaknya telah melalui semua proses dan juga melalui pertimbangan mutlak oleh pusat.

"Pj Bupati dan lainnya semua kewenangan ada di pemerintah pusat, sehingga kita tetap dukung serta terima saja," kata Musa'ad. 

Lanjut Musa'ad terkait siapa yang akan ditunjuk sebagai Pj Bupati Sorong oleh pemerintah pusat seluruh masyakarat kabupaten Sorong harusnya menerima keputusan pemerintah pusat tersebut. 

Dia berharap seluruh lapisan masyarakat harus menerima keputusan pemerintah pusat sehingga pelayanan pemerintahan kembali berjalan lancar di Kabupaten Sorong.

Sementara itu salah satu calon Pj Bupati Sorong Etje Eda Doo yang di usulkan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya merupakan satu-satunya perempuan asli Papua asal suku Moi yang mempunyai integritas dan kapabilitas dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang ASN. 

Sejumlah jabatan penting telah di emban Eda Doo dalam meniti karir sebagai seorang ASN. Eda Doo sebelumnya menjabat sebagai Kabag Umum Pemkot Sorong, Eda juga sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Pemkot Sorong.

Eda selanjutnya di promosikan untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Umum Provinsi Papua Barat Daya. 

 

 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut