get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Mohammad Musa'ad Lantik Jhony Way Sebagai Pj Sekda Provinsi Papua Barat Daya

Lantik Edison Siagian Sebagai Pj Bupati Sorong, Ini Pesan Penting Pj Gubernur PBD

Kamis, 04 April 2024 | 21:09 WIB
header img
Pj Gubernur PBD Mohammad Musa'ad atas nama Mendagri melantik Edison Siagian sebagai Pj Bupati Sorong. (Foto : Tri)

 


SORONG, iNewsSorongRaya.id - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya (PBD) Mohammad Musa'ad atas nama Menteri Dalam Negeri, melantik Edison Siagian sebagai Pj Bupati Sorong

Pelantikan digelar di Ballroom, Aimas Hotel and Convention Centre, Kamis (4/4/2024) sore tadi. 

Edison Siagian sebelumnya menjabat sebagai Pj Sekda Papua Barat Daya dilantik berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Sebelum dilantik menjadi Pj Bupati Sorong, Edison menyerahkan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Pj Sekda PBD kepada Pj Gubernur. 

"Tadi pagi beliau sudah menyerahkan jabatannya, kemudian sore ini dilantik sebagai Pj Bupati Sorong," ungkap Pj Gubernur PBD Mohammad Musa'ad usai pelantikan. 


Lebih lanjut Musa'ad mengatakan tugas dan tanggung jawab Edison Siagian sebagai Pj Bupati Sorong saat ini jauh lebih besar dari pada sebagai Pj Sekda. Walaupun secara kasat mata dilihat tanggung jawab Pj Sekda ruang lingkup lebih luas.

" Tentunya berbeda ketika menjadi Pj Sekda dan Pj Bupati, lingkupnya secara kasat mata dilihat bahwa Pj Sekda lingkupnya lebih luas. Tapi tugas dan tanggung jawab Pj Bupati lebih besar daripada tugas dan tanggung jawab sebagai Pj Sekda," tegas Musa'ad. 

Menurut Musa'ad dengan segudang pengalaman yang dimiliki Edison Siagian, dirinya yakin Edison mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Pj Bupati Sorong dengan baik. 

" Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, saya yakin beliau mampu dan cakap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Pj Bupati Sorong," tegas Musa'ad. 

Lebih lanjut Musa'ad mengungkapkan dilantikanya Edison Siagian sebagai Pj Bupati Sorong merupakan proses panjang dan merupakan keputusan final pimpinan Pemerintahan Republik Indonesia. 

"Prosesnya cukup panjang, beberapa bulan terakhir ini kita menanti dan ini adalah keputusan yang sudah diambil oleh pimpinan kita di pemerintahan Republik Indonesia. Oleh karena itu, sebagai pejabat dibawahnya, kita semua harus patuh untuk melaksanakan perintah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat," ungkapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya, Musa'ad meminta kepada semua pihak di Kabupaten Sorong  untuk bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi membantu Edison Siagian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Pj Bupati Sorong.

"Saya mendapat pesan dari Menteri Dalam Negeri, meminta kepada kita semua di Kabupaten Sorong untuk menyambut kehadiran pak Edison dengan sukacita dan kemudian bersama-sama untuk mewujudkan apa-apa yang menjadi tanggung jawab dari Penjabat bupati dan apa-apa yang menjadi tugas dan fungsi dari pemerintah kabupaten sorong," beber Musa'ad.


Pada kesempatan itu, selaku Pj Gubernur PBD, Mohammad Musa'ad memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Clift Yapsenang yang telah melaksanakan tugas sebagai Plh Bupati Sorong selama kurang lebih 3 bulan dengan baik. 

"Meskipun dengan penuh keterbatasan regulasi dan sebagainya, tapi bapak Sekda Kabupaten Sorong sudah melaksanakan tugas kepala daerah dengan baik. Proses-proses APBD dan tahapan-tahapannya sudah berjalan dengan baik, ini sudah diakhir mudah-mudahan ini bisa menjadi sesuatu yang berarti untuk dilanjutkan oleh pak Edison," ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut dihadapan seluruh perangkat ASN Kabupaten Sorong Mohammad Musa'ad berharap untuk dapat merapatkan barisan dan kedepankan kebersamaan dalam membantu Edison Siagian menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Sorong. 

"Jangan kedepankan perbedaan, mari kita menyatu. Karena kepentingan rakyat lebih besar daripada kepentingan pribadi kita," ujarnya. 

" Mudah-mudahan sesudah ini dengan nahkoda yang baru ini, semua komponen dan juga semua unsur masyarakat bisa bersatu bersama-sama membantu dibawah komando Pj Bupati Sorong untuk melaksanakan tugas membangun, melayani dan memberdayakan masyarakat di Kabupaten Sorong," pungkasnya.

Untuk diketahui, Edison Siagian merupakan sosok pemimpin yang humble dan pekerja keras. Edison dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pj Sekda Papua Barat Daya dikenal sangat terbuka dengan para jurnalis di wilayah itu. 

Edison Siagian juga merupakan pimpinan yang rendah hati namun disiplin dalam melaksanakan tugasnya. 

Dalam karirnya, Edison Siagian sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan I pada Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut