get app
inews
Aa Read Next : TransNusa Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Dalam Layanan Penerbangan ke Timur Indonesia

Kapal Kargo Berbendera Inggris Karam di Perairan Raja Ampat, Diduga Hancurkan Areal Terumbu Karang

Selasa, 25 April 2023 | 10:22 WIB
header img
Kapal Kargo Berbendera Inggris Karam dan nyaris tenggelam di perairan Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (FOTO: ISTIMEWA)

SORONG-PBD, iNewsSorong.id - Sebuah Kapal Kargo berbendera Inggris, Indian Partnership dilaporkan kandas dan nyaris karam di perairan Distrik Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya

Informasi musibah kapal kandas di atas karang atau reef di perairan Misool Timur tersebut pertama kali di unggah oleh akun Facebook Abdul Saman Wailegi Rumaday, Senin (24/04/2023) pukul 23:10 WIT. Informasi tersebut di unggah pada grup Facebook Info Kejadian Kota Waisai. 

Dalam unggahannya, Abdul Saman Wailegi menerangkan, Kapal berbendera asing nyaris tenggelam dan kandas di perairan Misool Timur sejajar dengan Tanjung Oponta Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat.

"Kapal tanker Indian Partnership hampir tenggelam dan kandas di atas rep di dekat pulau openta Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat," tulis Abdul Saman Wailegi.

Ia menuliskan keberadaan kapal asing tersebut tidak jauh dari Tanjung Openta, jaraknya berkisar 4 MIL laut,  menurutnya sudah dua malam kapal tersebut nyaris tenggelam dan kandas di atas rep, dari dugaan yang ia peroleh kapal tanker Indian Partnership bermuatan lebih dari kapasitas sehingga nyaris tenggelam.

"Jarak kurang lebih 4 mil dri pulau openta,, di duga muatan lebih dari kapasitas, malam ini sudah menjadi malam ke 2 diatas rep," tulisnya.

Informasi tersebut diperkuat dengan tiga Video singkat masing -masing berdurasi 0,3, 0,7 dan 0,12 detik yang memperlihatkan bagian haluan kanan kapal tanker bernama Indian Partnership sudah berada setara dengan air laut disekitarnya.

Dari informasi sementara, Kapal berbendera  asing tersebut mengalami gangguan mesin. Kapal tersebut dikabarkan bermuatan kargo dari Australia menuju China. 

"Dia trabel mesin info dari Syahbandar , dan muatan kargo dari Australia menuju China," tulis seorang pemuda Misool yang melakukan konfirmasi dengan pihak Syahbandar Sorong.

Kepala Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat Ferdinand Erik Moom yang di konfirmasi melalui sambungan telepon seluler pada Selasa (25/04/2023) dini hari membenarkan adanya kapal asing yang dikabarkan nyaris tenggelam dan kandas di Wilayahnya itu.

"Iya memang benar ada kapal yang bagian depannya sudah nyaris tenggelam dan sekarang sudah berada di atas rep sejajar dengan Pulau Mustika dan Tanjung Oponta," Ujar Kepala Distrik Misool Timur melalui sambungan telepon.

Kapal tanker tersebut berada sejajar dengan pulau Mustika dan Tanjung Oponta, rencananya pada hari Selasa, 25/04/2023 pagi, pihaknya bersama Kepolisian setempat akan meninjau lokasi tersebut guna mendapat informasi yang lebih jelas.

"Pagi ini kami ke lokasi kejadian untuk memastikan lagi, kami juga akan melibatkan anggota kepolisian yang bertugas di sini," ucap Kadistrik Misool Timur. 

Pihak KPLP Kelas Dua Raja Ampat dan pihak Kepolisian Polres Raja Ampat bersama pihak KSOP Sorong saat ini telah menuju ke lokasi kejadian. 

Dari informasi yang didapat, akibat karamnya Kapal Tanker tersebut areal terumbu karang terbaik di wilayah itu rusak parah. Belum diketahui luasan areal terumbu karang yang rusak, namun diperkirakan kerusakan areal terumbu karang di wilayah itu sangat luas. 

" Kalau di lihat dari posisi Kapal yang karam, diduga luasan kerusakan areal terumbu karang cukup besar. Namun kami harus pastikan dulu lokasi kandasnya kapal dengan menyelam," ungkap salah seorang warga Misool kepada iNews.id.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut