get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Sorong Raih Penghargaan MCP Tertinggi dari KPK RI

Pj Wali Kota Sorong Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

Rabu, 01 Maret 2023 | 07:11 WIB
header img
Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga didampingi pimpinan OPD serta Forkompinda saat mengikuti secara daring Rakor pengendalian Inflasi bersama Kemendagri (FOTO : iNewsSorong/DISKOMINFO PEMKOT SORONG)

SORONG-PBD, iNewsSorong.id - Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga, A.Pi., MM, didampingi Asisten II Setda Kota Sorong, bersama Kepala BPS Kota Sorong, perwakilan Kejari Sorong, Kodim 1802, Bulog dan beberapa pimpinan OPD teknis lainnya bertempat di ruangan pertemuan Pemerintah Kota Sorong, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, secara daring yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, Senin, (27/2/2023).

Seperti dikutip dari laman Dinas Kominfo Kota Sorong, Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D., dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga Doa.

Mendagri, Tito Karnavian saat membuka rakor, menyampaikan arahan-arahan dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo saat rapat kerja Nasional di Balikpapan kepada Seluruh Pemerintah Daerah dan Forkopimda salah satunya yaitu tentang ketersediaan pangan di derah-daerah dalam mengendalikan inflasi.

Selain itu dalam Zoom Meeting ini dijelaskan terkait Kondisi Inflasi pada Provinsi dan Kabupaten/Kota, termasuk perkembangan harga bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, cabe, bawang merah, bawang putih, telur, daging ayam ras, ikan kembung dan komoditas lainnya.

Dalam pemaparan data oleh BPS Pusat, Badan Pangan Nasional, Kemendag, Kementan, Satgas Pangan Polri, dan Panglima TNI, bahwa sampai dengan saat ini, beras masih menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga sangat tinggi dan diikuti oleh beberapa komoditas lainnya. Selain itu perubahan cuaca terjadi dapat menganggu kestabilan harga dari bahan-bahan pokok tersebut. Sehingga harus diwaspadai dan dijaga karena jika curah hujan tinggi maka terancam gagal panen.

Sebelum mengakhiri rapat Mendagri Tito Karnavian berpesan kepada para Pimpinan Daerah agar dapat melakukan rapat evaluasi minimal sebulan sekali bersama Forkompinda dan tim TPID guna membahas tentang pengendalian inflasi untuk melihat mana yang masih mengalami inflasi yang tinggi. Dan juga melibatkan Satgas pangan pada Pemeritah Daerah setempat dalam mengecek ketersediaan stok bahan pokok di pasaran. Selain itu Mendagri juga menitip pesan kepada para Gubernur kalau bisa memberikan reward kepada Kabupaten/Kota yang berhasil mengendalikan inflasi.

 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut