get app
inews
Aa Read Next : Kodam Cenderawasih Telusuri Kebenaran Video Viral Penyiksaan Warga Sipil di Papua

Gempa M4,7 Guncang Jayapura Saat Pagi Hari, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Jum'at, 13 Januari 2023 | 04:09 WIB
header img
Gempa M4,7 guncang wilayah Jayapura, Jumat (13/1/2023) pukul 05.18 WIT. Tidak berpotensi Tsunami. (FOTO: BMKG)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (13/1/2023) pagi.

Data BMKG menyebutkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan Magnitudo 4,8 pada Jumat (13/1/2023) sekitar pukul 05.18 WIT. Dengan lokasi berada pada 2.35 LS, 140.75 BT. Pusat gempa berada di laut, 28 km Timu Laut Kota Jayapura pada Kedlmn:10 Km.

Guncangan gempa bumi Magnitudo 4,7 yang terjadi pada pukul 05.18 WIT pagi tersebut dirasakan getarannya cukup kuat oleh warga Kota Jayapura. Walau demikian, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Sebagian warga pun berhamburan keluar rumah. Mereka terlihat sangat panik akibat adanya gempa tersebut. Hal ini disebabkan karena warga masih trauma dengan beberapa kali guncangan gempa yang melanda wilayah Jayapura dalam kurun waktu 4 hari belum lama ini. 

" Ia, kami masih trauma dengan gempa beruntun yang terjadi hampir empat hari belum lama ini. Kemudian tak ada getaran lagi dua hari, dan hari ini Jumat, kembali terjadi guncangan gempa lagi. Kami sekeluarga keluar rumah," ungkap Alberto salah seorang warga Angkasa Indah, Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. 

Selain Alberto, Iwan, warga Dok V, Kota Jayapura pun mengaku sempat kaget dengan guncangan gempa yang dirasakan pada subuh hari ini.

" Cukup kuat yah (getaran gempa bumi) yang kita rasakan. Tadi pas masih tidur, tiba-tiba ada goyang sedikit, saya kaget lalu bangun dan teriak semua keliaydi rumah untuk keluar ke halaman. Alhamdulillah kami semua aman,"ungkap Iwan. 

Awal Januari 2023, warga Kota dan Kabupaten Jayapura dibuat panik atas gempa bumi utama berkekuatan M 4,9 yang terjadi pada pukul 03.24 WIT pada 2 Januari 2023. 

Selanjutnya terjadi sejumlah gempa susulan di wilayah itu. Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak gempa bumi M4,9 (update M5,4) Kota Jayapura hingga Rabu 11 Januari 2023 pukul 06.00 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 625 kali dengan 52 kejadian di antaranya dirasakan oleh masyarakat.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut