get app
inews
Aa Read Next : Gempa M5.4 Guncang Kota Jayapura, Sebuah Cafe Pinggir Laut Roboh, 4 Orang Meninggal Dunia

Gempa Bumi Mag 5,0 Guncang Kaimana, Hans Litaay : BPBD Tetap Siaga

Selasa, 03 Januari 2023 | 20:38 WIB
header img
Data BMKG terkait gempa Mag 5,0 yang mengguncang Kaimana, Papua Barat (FOTO: ISTIMEWA)

KAIMANA, iNewsSorong.id - Gempa Bumi berkekuatan Magnitude 5,0 mengguncang Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Selasa (3/1/2023). 

Dari data BMKG, pusat gempa yang terjadi sekitar pukul 18:32:26 WIT, Lokasi gempa pada 3.67 LS, 133.46 BT atau 68 km BaratDaya, Kabupaten Kaimana, Papua Barat dengan kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di laut namun tidak berpotensi Tsunami. 

Mengahadapi gempa tersebut, Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaimana tetap siap siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

" Tadi dari BMKG sudah keluarkan hasilnya, namun dari hasil tersebut tertulis tidak berpotensi tsunami. Kami dari BPBD sudah siaga sejak dikeluarkan hasil tersebut" ungkap Sekretaris BPBD Hans Janes M Litaay, S.kep, Ns saat di konfirmasi iNewsSorong.id, Selasa (3/1/2023).

Meskipun tak berpotensi tsunami, akan tetapi menurut Litaay, pihaknya tetap melakukan pengawasan, dan penjagaan pada pos-pos yang telah ada guna menghadapi gempa susulan, meskipun kadang tidak sebesar yang pertama.

" Kami hanya mengantisipasi terjadinya gempa susulan saja, meskipun gempa susulan biasanya tidak sebesar gempa utama," ungkapnya. 

Hingga saat ini menurut Litaay walaupun belum ditemukan adanya dampak dari gempa tersebut namun pihaknya tetap bersiaga. Litaay juga memberikan imbauan kepada masyarakat Kaimana untuk tidak panik, dan tetap waspada, sampai adanya pemberitahuan lanjutan dari BMKG.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut