12 Group Tari Semarakkan Lomba Yospan Merah Putih Sambut HUT Ke -72 Pol Airud

WAMEL
.
Senin, 28 November 2022 | 22:01 WIB
Sejumlah penari sedang menampilkan gerakan tarian Yospan. Dalam rangka perlombaan Tarian Yospan Merah Putih, jelang HUT ke-72 PolAirud. (FOTO: iNewsSorong.id/WAMEL)

SORONG, iNewsSorong.id - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Perairan dan Udara (Pol Airud) ke 72, Direktorat Polair Polda Papua menggelar lomba tarian Yospan dan Gerak Jalan Merah Putih, yang dilaksanakan pada Senin (28/11/2022). 

Kegiatan yang diikuti 12 group tari di kota Sorong tersebut di buka secara resmi oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Silitonga yang dimulai titik start dari depan Mall Ramayana hingga mencapai garis finish di halaman kantor Wali Kota Sorong. 

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen dan Kapolres Sorong AKBP Iwan Manalu bersama sejumlah pejabat Forkompinda Kota Sorong. 

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Silitonga mengatakan pelaksanaan lomba Yospan Merah Putih ini sebagai wujud nyata Polri dalam mendukung pengembangan potensi - potensi seni yang ada di daerah. 

"Kita lihat saat ini sedang dilaksanakannya lomba Yospan di wilayah Sorong Kota dan meliputi Sorong Raya, ini adalah kearifan lokal yang perlu ditingkatkan," Kapolda. 

enurut Orang Nomor Satu di Polda Papua Barat ini dengan mengembangkan potensi-potensi seni budaya di daerah agar budaya Papua yang terkenal unik dan mempunyai ciri khas tersendiri dapat dinikmati oleh semua warga Indonesia. 

" Tidak perlu lagi impor-impor budaya-budaya lain sebab budaya Papua adalah budaya yang baik. Seperti siang ini adanya tari-tarian tradisional juga hiburan-hiburan bagi masyarakat dan dapat disaksikan langsung dengan baik," ujar Kapolda. 

Kapolda berharap dengan mengembangkan potensi seni budaya yang ada mengajarkan kepada masyarakat untuk dapat membanggakan budaya yang dimiliki dan tetap menjaga kebanggaan kelestarian budaya tersebut. 

"Ini sangat baik sehingga perlu kita gali bersama dan ditingkatkan budaya kita, untuk itu masyarakat tidak perlu minder dengan budaya sendiri tetapi sebaliknya justru harus bangga karena sangat banyak seni budayanya," tuturnya.

Dukungan Polri dalam hal ini Polda Papua Barat menurut Kapolda akan terus dilakukan untuk mengangkat kembali budaya-budaya lokal yang tergerus jaman moderen saat ini. Sehingga Ia berharap, seni budaya daerah ini sangat perlu sekali tetap dilestarikan sebab menjadi salah satu corak atau warna kita di Papua.

" Masih ada jenis-jenis lomba lain lagi yang akan dilakukan untuk menghidupkan serta mengangkat kembali budaya-budaya lokal," pungkasnya. 

Pelaksanaan lomba Yospan Merah Putih ini juga akan dimeriahkan juga dengan lomba yospan antar pelajar, yang akan digelar pada Selasa (29/11/2022). 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini