get app
inews
Aa Read Next : Tempuh Perjalan 5 Jam, Prosesi Pemakaman Almarhum Filep Karma Digelar Malam Hari

Polisi Kawal Iring-iringan Pengantaran Jenazah Filep Karma

Selasa, 01 November 2022 | 16:20 WIB
header img
Ratusan massa warga Papua yang mengarak Jenazah Tokoh Karismatik Papua Filep Karma dari RS Bhayangkara ke rumah duka di kawasan Dok V Atas Kota Jayapura, Selasa (01/11/2022). (Foto : CHANRY ANDREW)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Ratusan massa warga Papua dengan iring-iringan kendaraan roda dua dan roda empat mengarak Jenazah Tokoh Papua Filep Karma ke rumah duka di kawasan Dok V Atas, Kota Jayapura, Selasa(01/11/2022) siang tadi. 


Ratusan massa membawa jenazah tokoh Papua Filep Karma dengan iring-iringan kendaraan dan berjalan kaki menuju rumah duka. (Foto : iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Jenazah Filep Karma dibawa dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua di Kota Raja dengan iring-iringan ratusan warga Papua yang merasa simpati dan kehilangan tokoh Papua yang selama ini menyuarakan keadilan bagi tanah Papua. 

Dari pantauan iNewsSorong.id, iring-iringan jenazah ini melalui jalan protokol di kota Jayapura. Sempat terjadi ketegangan saat aparat kepolisian mengadang iring-iringan massa yang membawa jenazah Filep Karma. Aparat Kepolisian meminta massa untuk tidak membawa bendera bintang kejora dalam iring-iringan jenazah tersebut. 

Terlihat Danyon Gegana Brimob Polda Papua Kompol Clief Gerald Ph.Dwith dan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Dean Mackbon nampak melakukan mediasi dengan massa. 

Setelah kurang lebih 15 menit negoisasi, massa akhirnya diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke rumah duka walau bendera bintang kejora tetap dibawa massa dan melanjutkan perjalanan menuju rumah duka di kawasan Dok V Atas, Kota Jayapura. 

Terlihat puluhan personel Brimob Polda Papua dan Kepolisian Polresta Jayapura Kota masih berjaga-jaga di depan jalan masuk menuju rumah duka almarhum Filep Karma. 

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Dean Mackbon bersama sejumlah personel juga terlihat berada di depan rumah duka almarhum. 

Iring-iringan jenazah sempat membuat khawatir warga kota Jayapura. Terlihat sejumlah pedagang memilih menutup toko mereka karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Puluhan personel Brimob Polda Papua dan Anggota Kepolisian dari Polresta Jayapura Kota diturunkan untuk mengamankan iring-iringan jenazah Filep Karma. 

Filep Karma, tokoh Karismatik Papua dikenal getol menyuarakan ketidakadilan yang sering terjadi di tanah Papua. 

Filep ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di kawasan pantai Base G Kota Jayapura, Selasa,(01/11/2022) sekitar pukul 05.30 WIT oleh warga sekitar pantai Base G yang hendak melaut. 

Filep ditemukan tergeletak di tepi pantai dengan mengenakan pakaian selam yang terlihat banyak sobekan. Warga yang menemukan jasad Filep Karma langsung melaporkan ke pihak Kepolisian. 

Jasad Filep Karma langsung di evakuasi ke RS Bhayangkara Polda Papua untuk di periksa oleh tim dokter. 

Pihak Kepolisian masih menyelidiki sebab musabab meninggalnya Filep Karma. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut